Wednesday, March 3, 2021

Gurita-gurita dengan Tentakel Ekstra


Di alam, sangat jarang ditemukan gurita dengan tentakel ekstra (atau "tangan" ekstra,), tetapi sepasang akuarium di prefektur Mie Jepang memiliki beberapa spesimen luar biasa.

Gurita dengan 96 tentakel

Sebuah display permanen di museum Shima Marineland di kota Shima memperlihatkan gurita (Octopus vulgaris) dengan 96-tentakel yang beratnya 3,3 kilogram dan panjangnya 90 sentimeter (3 kaki) saat ditangkap di dekat Teluk Matoya pada Desember 1998. Sebelum mati 5 bulan kemudian, makhluk itu sempat bertelur, menjadikannya gurita ekstra-tentakel pertama yang bertelur di penangkaran. Semua bayinya yang berhasil menetas jumlah tentakelnya normal, tapi sayangnya mereka hanya bertahan satu bulan.

Gurita 96 tentakel saat bertelur

Gurita  96-tentakel sebenarnya memiliki jumlah normal 8 lengan yang melekat pada tubuhnya, tetapi masing-masing bercabang dan membentuk banyak tentakel ekstra. Rupanya tidak ada teori yang sepenuhnya menjelaskan kelebihan tentakel ini, tetapi diyakini sebagai hasil dari regenerasi abnormal yang terjadi setelah gurita mengalami semacam cedera.

 * * * * *

Musium Toba di kota Toba juga memiliki beberapa spesimen gurita yang luar biasa, meskipun tampaknya tidak lagi dipajang secara permanen. Namun, sesekali musium mengeluarkannya dari penyimpanan agar dapat dilihat dunia.

Gurita dengan 85-tentakel di musium Toba

Spesimen mereka yang paling terkenal adalah gurita dengan 85-tentakel yang ditangkap pada tahun 1957 di dekat pulau Toshijima. Makhluk luar biasa ini - yang, seperti gurita Shima Marineland, memiliki 8 lengan utama yang bercabang membentuk sejumlah tentakel - membuat kegemparan saat pertama kali dipamerkan di musium Toba setengah abad yang lalu. Beberapa tahun kemudian, spesimen itu dipinjamkan ke Museum Nasional Alam dan Sains di Tokyo, di mana spesimen itu menarik perhatian Kaisar Showa.

Gurita ini akhirnya dikembalikan ke Toba dan dipajang secara permanen sampai musium kemudian menyimpannya di gudang tahun 1985. Dua puluh tahun kemudian, pada tahun 2005, spesimen tersebut kembali menjadi sorotan saat dipajang sementara. Dalam 50 tahun sejak 85 gurita tentakel ditangkap, musium Toba telah memamerkan 6 gurita mutan lainnya, sebagian besar masih hidup hingga beberapa waktu, dan masing-masing memiliki antara 9 hingga 56 tentakel.




Popular Posts