Wednesday, July 13, 2011

Kota Gua Vardzia, Georgia

Vardzia adalah kota gua yang didirikan oleh Ratu Tamar pada 1185, dengan menggali sisi gunung Erusheli selatan Georgia dekat Aspindza, di sisi sungai Mtkvari. Gempa bumi di abad ke-13 menghancurkan sekitar dua pertiga dari kota gua itu dan membuat kota gua ini dapat terlihat dari luar. Sebelum ada gempa tak ada satu bagianpun dari kota dapat dilihat dari luar, hanya ada dua pintu masuk, satu di setiap sisi. Hari ini beberapa rahib masih tinggal di sana dan gua bisa dikunjungi.



Ratu Tamar bertahta di Georgia pada tahun 1185 dan masih berusia muda. Dia memerintahkan untuk membangun kota gua ini yg awalnya sebuah monasteri dengan tujuan sebagai perlindungan rakyatnya dari serbuan bangsa Mongol. Dulunya, sebelum gempa, kota gua ini mengandung 6 ribu apartemen dalam komplek 13 lantai. Didalam kota gua ini juga terdapat monastery, ruang tahta dan sistim irigasi.


Panglima Persia Shah Tahmasp I merebut Vardzia tahun 1551 dan membawa semua simbol dan barang2 berharga diasana. Dan berakhirlah kejayaan Vardzia.















Popular Posts