Friday, February 10, 2012

Burung Rudal (Gannet)

Beberapa burung tidak mencari makanannya di darat atau di pohon. Burung Predator biasanya menyambar mangsanya di darat dari udara. Dan Burung Gannet menyambar mangsanya yang berada di dalam air dari udara, dengan mengubah dirinya menjadi seperti Rudal.



Gannets adalah burung laut yang terdiri dari genus Morus, dalam family Sulidae. Gannets adalah burung dengan warna hitam putih dan besar dengan kepala kuning. Mereka memiliki sayap dan paruh panjang. Gannets Utara adalah burung laut terbesar di Atlantik Utara, dengan lebar sayap hingga 2 meter. Dua spesies lainnya berada di sekitar Afrika bagian selatan, selatan Australia dan Selandia Baru.



Gannets berburu ikan (terutama sardine) dengan menyelam dari ketinggian di udara menukik ke dalam laut mengejar mangsanya. Gannets memiliki sejumlah adaptasi yang memungkinkan mereka untuk melakukannya:

1. mereka tidak memiliki nostril eksternal;
2. mereka memiliki kantung udara di wajah mereka dan di bawah kulit dada mereka yang bertindak seperti pembungkus gelembung,  dan bantalan saat menerjang permukaan air;
3. mata mereka diposisikan cukup jauh ke depan di wajah mereka untuk memberi mereka visi seperti teropong, yang memungkinkan mereka untuk menilai jarak secara akurat.

Gannets bisa menyelam dari ketinggian 30 m, dengan kecepatan mencapai 100 km/jam saat mereka menukik ke air, memungkinkan mereka untuk menangkap ikan jauh lebih dalam dari burung airbone lainnya. Gannet dapat menyelam hingga kedalaman 72 kaki dibawah permukaan air, berenang dengan kedua sayap dankakinya serta membingungkan beberapa hiu dan dolphin yang juga berburu ikan yang sama.




Namun sayangnya kapasitas Gannet untuk makan sejumlah besar ikan telah menyebabkan "Gannet" menjadi deskripsi dari orang yang makan berlebihan, mirip dengan "rakus"


Kawin dan bersarang
Gannets adalah hewan kolonial yang berada di pulau-pulau dan pantai, biasanya menghasilkan satu telur biru. Butuh lima tahun bagik gannets untuk mencapai kedewasaan. Tahun pertama nya gannet benar-benar hitam, dan selanjutnya disaat remaja mulailah muncul warna putih.


Daerah bersarang yang paling penting untuk Gannets Utara adalah Inggris dengan sekitar dua pertiga dari populasi gannet di dunia berada disana. Sebagian besar berada di Skotlandia, termasuk Kepulauan Shetland. Sisa dari populasi dunia dibagi antara Kanada, Irlandia, Kepulauan Faroe dan Islandia, dengan sejumlah kecil di Perancis (mereka sering terlihat di Teluk Biscay), Kepulauan Channel dan Norwegia. Koloni Gannet Utara terbesar adalah di pulau-pulau Skotlandia St Kilda; koloni ini saja terdiri dari 20% dari populasi seluruh dunia. Sulasgeir di lepas pantai Pulau Lewis, Bass Rock di Firth of Forth, Grassholm di Pembrokeshire dan Bonaventura Island, Quebec juga adalah situs pembibitan Gannet Utara.



Kepulauan Skellig di lepas pantai barat daya Irlandia terdapat sekitar 27.000 pasang Gannets Utara, koloni terbesar kedua di dunia.

Tiga spesies Gannet sekarang biasanya ditempatkan dalam genus Morus,
Northern Gannet, (juga dikenal sebagai "Solan Goose"), Morus bassanus
Cape Gannet, Morus capensis
Australasia Gannet, Morus serrator

Dibawah ini Video yang apik tentang burung burung Rudal yang luarbiasa ini
video


Subhanallah
________________________________________________________________________________________________

Bayangkan kalau anak anak SMK kita bisa membuat pesawat tempur yang bisa menyelam di air seperti burung Gannet ini .... Bukan pesawat yang bisanya hanya jatuh ke dasar laut seperti yang pernah terjadi. Tetapi mengapa harus selalu mengandalakan anak-anak SMK? Lha para Insinyur kita kemana??? ... hehehehee



Source: wikipedia

Popular Posts