Wednesday, April 4, 2012

Mobil Terbang

Mobil terbang bukan hanya fiksi ilmiah lagi. Woburn, Terrafugia Inc di Massachusetts mengumumkan pada hari Senin kemarin bahwa prototipe mobil terbangnya telah menyelesaikan penerbangan pertama, membawa perusahaan tersebut lebih dekat dengan tujuannya untuk menjual mobil terbang di tahun depan.



Kendaraan - dijuluki Transisi - memiliki dua kursi, empat roda dan sayap yang melipat sehingga dapat didorong seperti mobil. Bulan lalu, terbang di ketinggian 1.400 kaki selama delapan menit. Jet komersial terbang pada ketinggian 35.000 kaki.

Uji terbang: Pada tanggal 23 Maret mobil Transisi Terrafugia terbang selama delapan menit pada ketinggian 1.400 kaki

Sekitar 100 orang telah memberikan deposit $ 10.000 untuk mendapatkan Transisi ketika mereka mulai dijual, dan kemungkinan akan meningkat setelah Terrafugia Transition memperkenalkan kepada publik akhir pekan ini di New York Auto Show. Tapi jangan berharap mobil ini akan banyak dijumpai di jalan raya karena harganya cukup mahal, yaitu $ 279.000.

Dan mobil ini juga tidak akan membantu jika terjebak dalam lalu lintas, karena membutuhkan landasan pacu untuk dapat terbang.


Mobil terbang selalu memiliki tempat khusus dalam imajinasi orang. Para penemu telah mencoba untuk membuatnya sejak tahun1930-an, namun kali ini Terrafugia telah lebih dekat dari siapa pun untuk membuat mobil terbang menjadi kenyataan. Pemerintah telah mengabulkan permohonan perusahaan untuk menggunakan ban khusus dan kaca yang lebih ringan dari yang dipakai oleh otomotif normal, untuk memudahkan kendaraan terbang.


Sekitar kota: Bila tidak terbang di udara, sayap Transisi dapat dilipat untuk membuatnya menjadi mobil dengan dua kursi

Peraturan khusus: Pemerintah federal telah menghapuskan peraturan tertentu untuk memungkinkan kendaraan seperti Transisi menjadi kenyataan

Pemerintah juga telah membebaskan sementara bagi Transisi dari kebutuhan untuk melengkapi kendaraan dengan kontrol stabilitas elektronik, yang akan menambah sekitar enam pound berat kendaraan. Transisi saat ini akan menjalani tes kecelakaan otomotif untuk memastikan memenuhi standar keamanan federal.

Terrafugia dibantu oleh keputusan Federal Aviation Administration lima tahun yang lalu untuk membuat satu set standar yang terpisah untuk pesawat olahraga ringan. Standar mengatur ukuran dan kecepatan pesawat dan persyaratan lisensi untuk pilot, yang kurang ketat daripada persyaratan untuk pilot pesawat yang lebih besar.

Terrafugia mengatakan pemilik harus lulus ujian dan menyelesaikan 20 jam waktu terbang untuk dapat menerbangkan Transisi, sebuah rintangan yang relatif ringan untuk pilot.

Imajinatif: Penemu dan insinyur telah bekerja pada konsep mobil terbang sejak 1930-an. Tahun 1947 Convair Model 118 ConvAirCar terlihat dalam penerbangan

Unholy aliansi: The 1973 AVE Mizar melampirkan sebuah badan pesawat Cessna SKYMASTER ke Ford Pinto. Penemunya tewas ketika sayap runtuh selama penerbangan uji

Generasi pertama: Tahun 1930-an Waterman Aerobile adalah mobil terbang pertama sederhana yang berhasil diproduksi (lima dibangun) dan diterbangkan

Transisi bisa mencapai kecepatan sekitar 70 mil per jam di jalan dan 115 mil/jam di udara. Transisi terbang menggunakan tangki 23-galon bahan bakar otomotif dan membakar 5 galon per jam di udara. Sedangkan dijalan, dapat mencapai 35 mil per galon.


Namun ada yang mempertanyakan ukuran pasar untuk Transisi. Pasar penerbangan umum telah menurun selama dua dekade, terutama karena biaya bahan bakar dan tingginya biaya kewajiban bagi produsen. Juga, lebih sedikit orang yang belajar terbang. Dan Transisi tidak akan menjadi pesawat murah untuk diproduksi atau dipasarkan. Meskipun Transisi memiliki beberapa keunikan, dan akan mendapatkan beberapa penjualan, tetapi pertanyaannya adalah, bisakah menjadi sebuah usaha yang menguntungkan?


Di amerika serikat bagian barat mungkin dapat menjadi pasar yang paling mungkin, karena disana orang biasa terbang daripada mengemudi jarak jauh.

Terrafugia telah bekerja pada mobil terbang sejak 2006, dan telah mendorong kembali peluncuran sekaligus. Musim panas lalu perusahaan mengatakan harus menunda pengiriman yang diharapkan tahun 2011 karena tantangan desain dan masalah dengan pemasok komponen. Dengan munculnya Transisi di New York, perusahaan berharap dapat menarik mata pelanggan serta investor.

video






Source

Popular Posts