Monday, July 2, 2012

Partikel Higgs Akhirnya Ditemukan?

Para ilmuwan di CERN diyakini akan mengumumkan bahwa Higgs boson yang elusive atau sering disebut 'God's Particle' telah ditemukan pada konferensi pers pekan depan. Lima fisikawan teoritis terkemuka telah diundang ke acara tersebut pada hari Rabu - memicu spekulasi bahwa partikel tersebut telah ditemukan.

didalam pipa-pipa seperti inilah para fisikawan memburu partikel Higgs
Para ilmuwan di Large Hadron Collider diharapkan akan mengatakan bahwa mereka yakin 99,99 persen telah menemukan partikel itu - yang dikenal sebagai level 'Four Sigma'.

Fisikawan pertama kali meramalkan adanya partikel subatomik Higgs Boson 48 tahun yang lalu. Peter Higgs, profesor emeritus fisika partikel universitas Edinburgh, yang namanya dipakai sebagai nama partikel itu, adalah di antara mereka yang telah dipanggil untuk konferensi pers di Swiss. Manajemen di CERN ingin dua tim ilmuwan untuk mencapai tingkat kepastian 'Five Sigma' atas hasil mereka - sehingga mereka 99,99995 persen yakin - karena pentingnya hal ini.

Tom ember, 79, profesor emeritus fisika di Imperial College London, juga telah diundang namun berhalangan hadir. Dia mengatakan kepada Sunday Times: "Saya menduga, ada hasil yang cukup positif bagi mereka sehingga mereka mengundang kita untuk kesana."

Higgs boson dianggap sebagai kunci untuk memahami alam semesta. Fisikawan mengatakan tugas dari partikel ini adalah untuk memberikan massa kepada partikel-partikel yang membentuk atom. Tanpa massa ini, partikel-partikel akan bergerak dengan kecepatan cahaya melalui kosmos, dan tidak dapat terikat bersama untuk membentuk atom-atom yang membentuk segala sesuatu di alam semesta, dari matahari, planet sampai manusia.

Collider, bertempat di sebuah terowongan yang berada di 18-mil di bawah tanah di dekat perbatasan Perancis-Swiss, menghempaskan/menabrakkan berkas proton - partikel sub-atom - pada kecepatan yang mendekati kecepatan cahaya, menciptakan kondisi yang pernah terjadi sepersekian detik setelah Big Bang.

Pandangan udara dari perbatasan Swiss-Perancis, yang menunjukkan rute Large Hadron Collider
Jika teori para ahli fisika adalah benar, Higgs boson sedikitnya harus tercipta dalam setiap triliun tabrakan, sebelum meluruh dengan cepat. Peluruhan ini akan meninggalkan 'jejak' yang akan muncul sebagai benjolan dalam grafik mereka. Namun, meskipun 1.600 triliun tabrakan yang diciptakan di dalam terowongan - hanya ada sedikitnya 300 potensi Higgs partikel.

Sekarang diperkirakan bahwa dua tim ilmuwan yang terpisah, yang menjalankan percobaan secara independen dan dirahasiakan satu sama lain, keduanya memiliki bukti yang cukup mengenai keberadaan partikel tersebut. Namun, dua kelompok, CMS dan ATLAS, diharapkan untuk cepat mengkonfirmasi keberadaan partikel tersebut.

Ini adalah bagian paling besar dari perangkat ilmiah yang pernah dibangun, dan berada 100m di bawah tanah

video






Source

Popular Posts