Friday, August 10, 2012

Great White Shark

Great White Shark (Hiu Putih Besar) adalah salah satu predator alam terbesar dan paling ditakuti. Meskipun ganas namun bukan 'pemakan orang' seperti yang digambarkan di film Jaws, hiu putih besar adalah makhluk menakutkan yang memiliki kekuatan dan kecepatan yang luar biasa. Nikmati foto luar biasa di bawah ini bersama dengan beberapa fakta menarik tentang master laut ini.



Hiu putih besar cukup terkenal untuk ukurannya, dengan individu terbesar yang telah diketahui mendekati atau melampaui 6 meter (20 kaki) panjangnya, dan berat 2.268 kilogram (5.000 pon). Mencapai kedewasaan di sekitar 15 tahun dan dapat memiliki jangka hidup yang lebih dari 30 tahun.




Hiu putih besar hidup di hampir semua perairan pantai dan lepas pantai yang memiliki suhu air antara 12 hingga 24 ° C (54 - 75 ° F), dengan konsentrasi yang lebih besar di Amerika Serikat (Timur Laut Atlantik dan California), Afrika Selatan, Jepang, Australia ( terutama New South Wales dan Australia Selatan), Selandia Baru, Chili, dan Mediterania. Salah satu populasi terpadat yang dikenal ditemukan di sekitar Dyer Island, Afrika Selatan




Hiu putih besar menampilkan countershading, bagian bawahnya berwarna putih dan area punggungnya abu-abu (kadang-kadang berwarna coklat atau biru) yang memberikan keseluruhan penampilan "belang". Pewarnaan ini membuat sulit bagi mangsanya untuk mengetahui kedatangannya, karena memecah penampakan bentuk hiu jika dilihat dari samping. Dari atas, warna yang lebih gelap menyatu dengan laut dan dari bawah hanya mengekspos siluet minimal terhadap sinar matahari.





Sedikit yang diketahui tentang perilaku hiu putih besar pada saat kawin. Kelahirannya belum pernah diamati, tetapi betina hamil telah diperiksa.






Meskipun hiu putih besar biasanya dianggap sebagai predator puncak (tidak ada predator mereka) di alam liar, namun dalam kasus yang jarang, mereka dapat dimangsa oleh orca yang lebih besar (juga dikenal sebagai paus pembunuh). Kompetisi interspesifik antara hiu putih besar dan orca tersebut terjadi di daerah di mana preferensi makanan dari kedua spesies mungkin tumpang tindih.

yang ini tentu bukan Great White Shark ... hehehe



video





Source: Wikipedia

Popular Posts