Thursday, February 21, 2013

Misteri Ribuan Lumba-Lumba yang Berenang Bersama.

Ribuan ikan lumba-lumba terlihat di lepas pantai San Diego, menjadi tontonan yang menakjubkan sekaligus mengherankan bagi para pengamat alam.


Seorang kapten kapal melihat ribuan lumba-lumba berenang bersama-sama di lepas pantai San Diego pada hari Kamis 14 Februari 2013 dan ahli tidak dapat memberikan alasan spesifik mengapa ribuan lumba-lumba berada di sana.

"Mereka datang dari segala arah, Anda bisa melihat mereka sejauh mata memandang," kata Joe Dutra salah seorang saksi mata. Mr Dutra, yang adalah kapten Hornblower Cruises, sedang mengawal tur harian dengan perahunya yang penuh pengamat alam ketika ia melihat sekelompok besar lumba-lumba yang berjumlah ribuan.

"Saya telah melihat banyak hal di daerah ini ... tapi ini adalah yang terbesar yang pernah saya lihat" katanya.

Lumba-lumba biasanya berenang dalam kelompok antara 15 sampai 200 ekor yang disebut pods. Namun yang apa yang Mr Dutra saksikan hari Kamis itu lebih tepatnya disebut sebagai Super Mega pods, mengingat jumlahnya yang menakjubkan.

Dia memperkirakan bahwa lumba-lumba ini membentuk kelompok sepanjang tujuh mil dan lebar lima mil, serta ia mampu mengarahkan perahunya bersama kelompok lumba-lumba ini selama lebih dari satu jam.

Para ahli belum dapat menentukan alasan, mengapa begitu banyak lumba-lumba berenang bersama-sama pada hari itu.

"Lumba-lumba memang hewan sosial, mereka sering bersama-sama dalam kelompok kecil. Tapi kadang-kadang, kelompok-kelompok kecil ini bergabung dan berenang bersama-sama", kata pakar kelautan NBC, Sarah Wilkin.

Kelompok lumba-lumba yang panjangnya tujuh mil dan lebar lima mil
Meskipun peristiwa ini tampak seperti pengalaman sekali dalam seumur hidup, peristiwa ribuan lumba-lumba yang terlihat berenang bersama seperti itu juga dilaporkan terlihat pada saat yang sama tahun lalu. Pada akhir Februari tahun 2012, sebuah kelompok besar lumba-lumba terlihat berenang sekitar 65 km sebelah utara dari San Diego, menyiratkan bahwa mungkin ada pola migrasi yang belum diketahui.

Selain migrasi, ada beberapa alasan yang diusulkan untuk menjelaskan fenomena ini.

A) Mereka merasakan akan terjadinya gempa bumi dan mereka berpindah. Menurut Wikipedia dan geolog Jim Berkland, lumba-lumba memang bisa merasakan gempa bumi sebelum terjadi.

Berkland attributes the strange behaviors to radical changes in the Earth's magnetic field just prior to earthquakes and in the general area of the quakes. He says that, when these changes occur, they interfere with the sea mammals', and even the migratory birds', ability to navigate, which explains the mass beachings. He says even dogs and cats can sense the disruptions, which explains elevated rates of runaway-pet reports. Research on Earth's magnetic field and how it is affected by moving tectonic plates and earthquakes is ongoing.

B) Senjata sonar angkatan laut sedang digunakan. Fenomena ini terjadi tepat di luar San Diego, California, rumah bagi salah satu pangkalan terbesar Angkatan Laut AS di dunia dan basis Angkatan Laut terbesar di pantai barat. Penggunaan senjata sonar US Navy telah terbukti menyebabkan kerusakan yang luar biasa bagi lumba-lumba dan kehidupan laut lainnya. Apakah lumba-lumba mencoba untuk menjauh dari sesuatu yang menyiksa mereka, yaitu sennjata sonar Angkatan Laut Amerika Serikat?

C) Kontaminasi radiasi yang meluas di Samudra Pasifik dari Fukushima. National Geographic mengatakan bahwa polusi dan kontaminasi radioaktif dari Fukushima Jepang, terus melakukan perjalanan ke arah timur melintasi Samudera Pasifik dan akan tiba pada pantai Barat dalam beberapa tahun, apakah lumba-lumba ini mencoba melarikan diri dari bencana yang akan terjadi itu?


video



Wallahualam




Source

Popular Posts