Tuesday, April 8, 2014

Ilusi yang Membuat Kita Berhalusinasi

Untuk anda yang ingin berhalusinasi tanpa menggunakan obat-obatan, maka lihatlah beberapa dari ilusi optik yang luar biasa dibawah ini. Ingat! ilusi ini tidak dianjurkan bagi penderita epilepsi fotosensitif atau sensitif terhadap kilatan cahaya!.

Lihat video atau gambar animasi gif dengan layar penuh (di zoom) karena ilusi-ilusi ini akan bekerja dengan baik jika mereka mengisi seluruh bidang visi Anda.


Fokuskan mata Anda di tengah gambar ilusi untuk sekitar 30 detik kemudian alihkan mata anda ke obyek lain di sekitar anda atau obyek di kejauhan.

Trik psychedelic, yang dikenal sebagai ilusi aftereffect ini, membuat Anda melihat gerakan pada objek yang stasioner.



Yang aneh mengenai ilusi aftereffect disini adalah sifat paradoks-nya. Meskipun objek diam, namun terlihat begitu terdistorsi. Sensasi ekspansi atau kontraksi terasa ada, tapi kontur objek tetap berada disana atau tidak kemana-mana.

Efek ini kadang-kadang dikenal sebagai 'ilusi air terjun' karena saat kita melihat air terjun untuk waktu yang singkat, kemudian melihat obyek di sampingnya, maka obyek tersebut tampaknya melayang ke atas.


Efek ini telah membingungkan orang selama berabad-abad, tetapi percobaan yang memonitor aktivitas otak sekarang telah mampu menjelaskan cara kerjanya.

Ketika menonton air terjun, atau ilusi strobe, sel-sel otak yang mendeteksi gerakan dalam satu arah menjadi lelah. Ketika mata berpaling, sel-sel yang mendeteksi gerakan ke arah lain yang lebih aktif membuat objek stationary tampaknya bergerak. Efek ini cukup intens selama beberapa detik, dan bisa bertahan sampai 20 detik.



Ada berbagai jenis gerak ilusi aftereffect, dengan efek strobe menjadi salah satu yang paling kuat. Lainnya termasuk ilusi spiral dan variasi pada efek air terjun.

video

______________________________________________________________________________________________________

BONUS

Konsentrasilah pada titik putih yang ada di hidungnya selama 15 detik, kemudian alihkan pandangan anda ke bidang putih di sebelahnya ... Apa yang anda lihat?






Baca Juga:







Popular Posts