Friday, July 25, 2014

Danau dengan Tingkat Radioaktif yang Sangat Tinggi

Selama Perang Dingin, Soviet mulai meledakkan nuklir-nuklirnya di seluruh timur laut Kazakhstan untuk menyelidiki kemungkinan penggunaan tenaga nuklir untuk tujuan konstruksi seperti memindahkan tanah, menciptakan kanal dan waduk, pengeboran minyak dan sebagainya. Tes dilakukan di bawah bendera "Ledakan Nuklir untuk Ekonomi Nasional". Ini adalah versi Soviet dari "Operasi Mata Bajak" - program serupa yang dilakukan oleh AS.



Setelah meminjam gagasan buruk dari AS, program Soviet ini dilaksanakan dengan penuh antusias dan akhirnya menjadi berkali-kali lebih besar dari program mata bajak US, baik dari segi jumlah aplikasi yang dieksplorasi dengan percobaan lapangan dan sejauh mana mereka diperkenalkan ke industri. Sementara AS melakukan 27 tes sebelum menyadari itu adalah ide yang buruk dan menghentikan program tersebut pada tahun 1977, Soviet terus melakukannya sampai tahun 1989 di mana sebanyak 156 uji coba nuklir dilakukan.

Salah satu tes yang lebih dikenal adalah tes di Chagan, Januari 1965, di tepi situs uji Semipalatinsk di Kazakhstan. Uji Chagan dirancang untuk menguji kesesuaian ledakan nuklir untuk membuat waduk. Ini adalah yang pertama dan terbesar dari semua ledakan dalam Ledakan Nuklir untuk program Ekonomi Nasional. Sebuah perangkat seberat 140 kiloton ditempatkan kedalam lubang yang dalamnya 178 meter di dasar kering Sungai Chagan sehingga bibir kawah akan membendung sungai selama periode aliran sungai tinggi. Ledakan itu menciptakan kawah selebar 400 meter dan dalamanya 100 meter dengan ketinggian bibir kawah 20-38 meter. Kemudian, sebuah kanal dibuat menuju kawah agar kawah tersebut terisi dengan air oleh reservoir di dekatnya dan menjadi danau.


Danau tersebut dikenal secara informal sebagai Danau Chagan, masih ada hingga saat ini dan secara substansial bentuknya masih sama. Air danau terus menjadi radioaktif - sekitar 100 kali lebih tinggi dari batas radionuklida yang diizinkan dalam air minum. Pada saat penciptaannya, pemerintah Soviet bangga akan Lake Chagan. Mereka membuat film dengan Menteri dari Medium Machine Building Ministry, yang bertanggung jawab untuk seluruh program senjata nuklir Soviet, berenang di danau tersebut dan air dari danau itu digunakan untuk memberi makan ternak di daerah sekitarnya.

Video Uji Nuklir yang menciptakan Danau Chagan
video

Diperkirakan sekitar 20% dari produk radioaktif hasil Uji Chagan ini lolos ke atmosfer, dan terdeteksi hingga ke Jepang. Ini membuat marah Amerika Serikat karena melanggar ketentuan Limited Test Ban Treaty, Oktober 1963, yang melarang tes nuklir di atmosfer. Soviet menjawab bahwa itu adalah uji coba bawah tanah dan jumlah puing-puing radioaktif yang lolos ke atmosfer tidak signifikan. Setelah beberapa interaksi berikutnya, masalah ini akhirnya ditinggalkan.

Gambar satelit dari Lake Chagan (bundar) dan reservoir di dekatnya (dibawahnya)






Baca Juga:





Source

Popular Posts