Tuesday, November 1, 2011

Hewan2 Tercepat Di Dunia

Menyambung Postingan tentang hewan hewan yang alon alon waton kelakon yang telah lalu, tidak adil rasanya kalau tidak menghadirkan hewan hewan tercepat di dunia, baik itu di darat, di air, maupun di udara. Inilah hewan hewan tercepat di dunia yang diketahui manusia


Di Darat

Cheetah (Acinonyx jubatus) adalah kucing berukuran besar yang mendiami sebagian besar Afrika dan sebagian dari Timur Tengah. Mereka adalah satu satunya felid dengan cakar yang tidak dapat ditarik dan telapak yang sulit untuk mencengkeram (karenanya cheetah tidak dapat memanjat pohon vertikal, meskipun mereka umumnya mampu mencapai cabang cabang yang mudah diakses). Cheetah, bagaimanapun, adalah binatang darat tercepat diantara hewan darat lainnya, dan kecepatan yang mampu dicapainya sekitar 112 sampai 120 km / jam (70 dan 75 mph) dalam pengejaran singkat yang mencakup jarak hingga 500 m (1.600 kaki), dan memiliki kemampuan untuk mempercepat dari 0 sampai lebih dari 100 km / h (62 mph) dalam tiga detik.



Adaptasi lah yang memungkinkan cheetah untuk berlari secepat itu termasuk lubang hidung besar yang memungkinkan untuk meningkatkan asupan oksigen, dan pembesaran jantung dan paru-paru yang bekerja sama untuk mengedarkan oksigen secara efisien. Selama pengejaran, laju pernapasan meningkat 60-150 napas per menit. Dan dikarenakan memiliki cakar yang tidak dapat ditarik, cheetah menggunakan ekornya sebagai kemudi-seperti alat kemudi untuk memungkinkannya membuat tikungan tajam, yang diperlukan untuk mengejar binatang buruannya yang sering membuat manuver seperti itu untuk melarikan diri






Di Air

Sailfish atau ikan layar adalah dua spesies ikan di genus Istiophorus, tinggal di bagian hangat di semua samudra dunia. Mereka didominasi warna biru ke abu-abuan dan memiliki sirip punggung yang dikenal sebagai layar, yang sering meregang diseluruh punggungnya  Karakteristik lain adalah moncong yang memanjang, menyerupai todak dan marlins lainnya. Karena itu mereka digambarkan sebagai billfish di kalangan olahraga memancing.


Kedua spesies ikan layar tumbuh dengan cepat, mencapai 1,2-1,5 meter (3 ft 10 in-4 ft 10 in) panjang dalam satu tahun, makanan mereka adalah ikan pelagis kecil hijauan dan cumi-cumi. Sailifish memiliki kecepatan hingga 110 kilometer per jam (68 mph), yang merupakan kecepatan tertinggi yang dimiliki ikan yang pernah diketahui manusia. Umumnya, ikan layar tidak tumbuh lebih dari 3 meter (9,8 kaki) panjang dan jarang lebih dari 90 kilogram beratnya (200 lb).


Sirip atau layar biasanya disimpan dilipat ke bawah dan ke samping saat berenang, tapi kadang bisa muncul ketika ikan layar merasa terancam atau bersemangat, membuat ikan tampak jauh lebih besar daripada sebenarnya. Taktik ini juga telah diamati selama makan, ketika sekelompok ikan layar menggunakan layar mereka untuk "menggiring" serombongan ikan atau cumi-cumi.

video

Sailfish adalah ikan yang dikenal memiliki lompatan yang luar biasa. Mereka dapat muncul dalam berbagai warna, dari cokelat dan abu-abu sampai ungu dan bahkan perak. Warna tubuh mereka kadang diterangi oleh garis-garis dari titik-titik biru dan perak warna-warni. Sailfish dapat mengubah warna mereka hampir seketika; perubahan dikendalikan oleh sistem saraf mereka. Sailfish dengan cepat dapat mengubah warna tubuhnya yang biru terang menjadi garis garis kekuningan saat gembira, membingungkan mangsanya dan membuat mangsanya lebih mudah menangkap.




Di Udara

Peregrine Falcon (Falco Peregrinus), merupakan burung pemangsa di family Falconidaea. Mereka memiliki punggung berwarna biru-abu-abu. Peregrine ini terkenal karena memiliki kecepatan lebih dari 325 km / h (202 mph) saat berburu, sehingga menjadikannya salah satu anggota tercepat dari Animal kingdom.


Rentang penyebaran Peregrine mencakup wilayah darat dari tundra Arktik ke daerah tropis. Hal ini menjadikannya mudah ditemukan hampir di mana-mana di Bumi, kecuali daerah ekstrim kutub, pegunungan yang sangat tinggi, dan hutan hujan yang paling tropis; Hal ini membuatnya sebagai burung pemangsa di dunia yang paling luas penyebarannya.





Subhanallah


Baca Juga:





Source


Popular Posts