Friday, March 16, 2012

Video Sejarah Bulan oleh NASA

Permukaan, dingin tak bernyawa bulan tampaknya seperti itu dan tidak pernah berubah - tapi NASA telah menciptakan sebuah video tentang sejarah kekerasan di bulan selama 4,5 miliar tahun yang tak pernah kita saksikan.



Setiap tanda pada permukaan bulan dipahatkan oleh dampak asteroid dan kekuatan perusak yang tak terbayangkan lainnya.

Video ini dibuat untuk merayakan 1.000 hari nya Lunar Orbiter Reconnaisssance, NASA,menawarkan perspektif sederhana tentang bagaimana puing bola pijar menjadi abu-abu seperti bulan yang kita lihat sekarang.

video

"Dari tahun ke tahun, bulan sepertinya tidak pernah berubah," kata NASA. 'Kawah dan formasi lain tampaknya permanen sekarang, tapi bulan tidak selalu terlihat seperti ini. Berkat NASA Lunar Reconnaissance Orbiter, kita sekarang memiliki pemahaman lebih baik mengenait beberapa sejarah bulan'.


Bulan diperkirakan telah terbentuk ketika planet sekitar ukuran Mars menghantam Bumi 4,5 miliar tahun yang lalu, melemparkan miliar miliar ton materi panas ke ruang angkasa.

Sejak itu, permukaan bulan telah dihancurkan oleh asteroid - mulai dari batuan besar yang merobek permukaan sehingga terbuka untuk dampak meteor kecil yang "membumbui" permukaan.

Video NASA berdurasi tidak sampai 2 menit, namun menceritakan sejarah bulan selama 4,5 miliar tahun  - memperlihatkan bola pijar yang mulai mendingin, kemudian di bombardir oleh ribuan dampak hantaman di permukaannya selama rentang waktu diluar batas pemahaman manusia.


Baca Juga ulasan lebih lengkap mengenai bulan disini : Al Qomar (Bulan)





Source: NASA

Popular Posts