Sunday, April 8, 2012

Sombrero Galaksi (M 104)

Bentuknya menyerupai sebuah UFO yang bersinar atau topi yang bertepi lebar, tapi ini tidak seperti apa yang terlihat. Salah satu galaksi spiral yang paling terkenal (Messier 104) juga banyak dikenal sebagai "Sombrero" (topi Meksiko) karena bentuknya khususnya ini.



Galaksi mengesankan dengan tonjolan pusat yang luar biasa besar memanjang dan jalur dari debu antar bintang yang gelap memberikan galaksi ini bentuk yang tidak biasa. Objek spektakuler dan besar ini membentang 50.000 tahun cahaya, terletak pada jarak sekitar 30 juta tahun cahaya dari kita. Sebagai perbandingan, dalam ukuran, galaksi ini sama dengan 800 miliar matahari dan dapat dilihat dari Bumi, hanya 6 derajat selatan dari bidang ekuator.

Pada abad ke-19, beberapa astronom berspekulasi bahwa M104 hanyalah tepi disk dari gas bercahaya yang mengelilingi sebuah bintang muda, yang merupakan prototipe dari asal-usul tata surya kita. Ditemukan oleh Pierre M├ęchain pada tahun 1781, M104 dianggap galaksi pertama yang memiliki pergeseran merah besar (setara dengan kecepatan resesi sekitar 1.000 km/s) ditemukan oleh astronom Amerika Vesto Slipher pada tahun 1912. Astronom VM Slipher juga menemukan bahwa objek ini tampak bergegas menjauh dari kita dengan kecepatan 700 mil per detik. Kecepatan yang sangat besar ini menawarkan beberapa petunjuk awal bahwa objek-topi ini adalah benar-benar sebuah galaksi, dan bahwa alam semesta mengembang ke segala arah.

Seperti Galaksi Andromeda, M104 juga memiliki rotasi yang cepat di pusatnya. Objek yang memiliki lingkaran cahaya (halo) samar yang sangat memanjang dan inti yang aktif, menunjukkan keberadaan lubang hitam supermasif dipusatnya, yang mungkin bahkan lebih besar daripada yang diyakini berada di inti Galaksi Andromeda.

Galaksi Sombrero dapat ditemukan pada rasi Virgo, yang bergabung dengan galaksi galaksi lain di sekitarnya, yaitu awan filamen yang memanjang di sebelah selatan Cluster Virgo.

Gambar dari Chandra X-ray (warna biru) menunjukkan gas panas dalam galaksi dan titik-titik sumber bercampur didalam Sombrero serta juga menunjukkan quasar di latar belakangnya. Observasi ini menunjukkan bahwa difusi emisi sinar-X meluas lebih dari 60.000 tahun cahaya dari pusat Sombrero tersebut. Gambar optikal Hubble (hijau) menunjukkan tonjolan cahaya bintang sebagian diblokir oleh tepi debu, karena galaksi spiral ini sedang diamati di tepi. tepi debu yang sama muncul terang dalam gambar inframerah Spitzer, yang juga mengungkapkan tonjolan bintang bintang pusat Sombrero.


Sekitar 1500 galaksi individu membentuk cluster, yang merupakan pusat fisik dari supercluster lokal kita. Massa supercluster yang sangat besar menyebabkan gaya tarik gravitasi memperlambat kecepatan dari semua galaksi di sekitarnya, menyebabkan materi-materi secara efektif bergerak ke arahnya dalam apa yang dikenal sebagai 'aliran Virgo-sentris'.

Kita tidak berada pada jarak yang cukup untuk melarikan diri dari gaya tarik ini dan dengan begitu, suatu hari, Group Lokal kita akan berhenti menjauh dari Virgo dan mulai mendekat dan akhirnya bergabung menjadi cluster.


Ini adalah gambar Galaksi Sombrero yang disusun sangat indah. Gambar Spitzer terdiri dari empat gambar yang diambil pada 3,6 (biru), 4,5 (hijau), 5,8 (oranye), dan 8,0 (merah) mikron. Kontribusi dari cahaya bintang (diukur pada 3,6 mikron) telah dikurangi dari gambar gambar 5,8 dan 8- mikron, untuk meningkatkan visibilitas fitur debu. Dalam pandangan mencolok inframerah Spitzer, galaksi lebih mirip "mata banteng."


Apa yang terjadi di pusat galaksi spiral ini? Miliaran bintang-bintang tua menyebabkan cahaya difus pada tonjolan pusat yang memanjang. Penelitian lebih dekat ke tonjolan pada foto di atas menunjukkan banyak titik cahaya yang sebenarnya adalah kluster globular yang mirip dengan yang ditemukan di galaksi kita.

Para astronom memperkirakan bahwa ada hampir 2.000 cluster disana - 10 kali  lebih banyak dari yang mengorbit galaksi Bima Sakti kita. Usia cluster mirip dengan usia cluster di Bima Sakti, mulai dari 10 sampai 13 miliar tahun. Cincin debu spektakuler M104 yang menjadi tempat bagi banyak bintang-bintang muda dan terang, menunjukkan rincian yang rumit yang belum sepenuhnya dipahami oleh para astronom.

Sifat radio dari M104 ini tidak biasa untuk sebuah galaksi spiral, yaitu, ia memiliki inti variabel. Spektrum optik dari wilayah pusat menampilkan garis emisi dari gas panas. Hal ini menunjukkan bahwa M104 menyimpan sebuah Inti Galaksi Aktif (AGN) yang lemah.

Meskipun lebih dikenal daripada quasar yang jauh dan lebih bercahaya serta galaksi galaksi radio kuat, AGN lemah di galaksi ini terletak pada ekstrem yang berlawanan. Penjelasan yang paling mungkin, berdasarkan emisi sinar-X, menunjukkan bahwa ada materi yang jatuh ke dalam inti, di mana lubang hitam yang ber massa 1 miliar matahari berada - menjadi lubang hitam besar pusat melahap materi dengan lambat .


Cahaya lima puluh juta tahun dari Galaxy Sombrero dapat dilihat dengan teleskop kecil ke arah konstelasi Virgo. Dengan kecerahan yang relatif cerah +8, Sombrero Galaxy hanya di luar batas visibilitas mata telanjang, namun mudah dilihat melalui teleskop kecil.


Subhanallah






Source

Popular Posts