Sunday, April 8, 2012

Zhemchug Canyon; Ngarai Terbesar di Bumi

Kita terus menjelajahi tempat-tempat menakjubkan di planet kita yang indah. Kali ini AMJG menyajikan postingan mengenai formasi alam yang berada jauh di bawah lautan. Formasi yang tersembunyi di bawah air ini merupakan beberapa formasi alam terbesar di bumi.


Zhemchug Canyon adalah ngarai terbesar di planet kita.

View Deepest Submarine Canyon in a larger map

Jauh di bawah air kita dapat menemukan rantai terpanjang, gunung berapi tertinggi dan lembah terdalam.

Inilah Zhemchug Canyon yang terlihat dari ruang angkasa.
Kita mungkin berpikir bahwa Grand Canyon adalah canyon terbesar, tetapi tidak seberapa dibandingkan dengan Zhemchug yang begitu besar sehingga hanya dapat dilihat seluruhnya dari luar angkasa! Zhemchug Canyon adalah ngarai bawah air raksasa yang terletak di tengah Laut Bering.

Zhemchug lebih dalam dari Grand Canyon yang kedalamannya 1,83 km, sedangkan Zhemchug memiliki kedalaman 2.6km dari puncak teratas. Zhemchug Canyon adalah ngarai bawah laut terbesar di dunia, berdasarkan wilayah drainase (11.350 km2) dan volume (5800 km3).

Mengambil nama dari nama kapal penelitian Soviet yang berarti "mutiara", Zhemchug Canyon memotong dasar laut di tepi barat beting benua (Continental Shelf), salah satu tempat paling datar dan halus di planet ini.



"Kemiringannya, tidak lebih dari tiga atau empat inci per mil, hampir tak terukur!"


Ngarai raksasa ini tersembunyi di Samudra Pasifik, namun saking lebar dan besarnya Zhemchug membuat kita tidak mungkin melihat dari satu sisi ke sisi lainnya, kecuali kita berada di atas kelengkungan Bumi.

 Golden king crab kecil dalam sebuah spons oranye di Zhemchug Canyon.

Penuh dengan kehidupan: Shortraker Rockfish, crinoid, brittle stars, basket stars, anenones dll terlihat di dasar Bering.


short-tailed albatross yang terancam punah berkumpul untuk mencari makan diatas perairan permukaan ngarai. Mamalia laut seperti Northern Fur Seal juga mencari makan di ngarai ini seperti halnya banyak spesies ikan paus. Invertebrata seperti Bubblegum Coral, bamboo coral, soft corals, spons Hexactinellid, dan spons lainnya telah diidentifikasi selama survei di ngarai. Tempat ini juga adalah tempat di mana kepiting Opilio (Kepiting Salju) dan kepiting Baridi dapat ditemukan.


Hanya dalam lima tahun terakhir para ilmuwan mulai menyelami kedalaman Zhemchug, dan kita masih tidak memiliki informasi virtual tentang keajaiban apa yang mungkin akan muncul dalam penelitian selanjutnya.

video

Subhanallah





Source: BBC & NOAA

Popular Posts