Friday, May 11, 2012

Foto-Foto Bumi yang Diberkahi

Gambar ini adalah Planet Bumi, dilihat dari ketinggian 36.000 km di atas permukaan, dengan laut yang kaya akan warna biru kontras dengan garis tajam daratan, dan awan putih yang berlari melintasi langit.


Bumi difoto dengan kamera 121megapixel definisi tinggi - menciptakan gambar paling tajam dari planet kita

Gambar diatas diambil oleh Electro-L, satelit cuaca terbaru Rusia, dan tidak seperti gambar lain dari planet kita, gambar ini diambil dalam satu pengambilan tunggal (satu kali jepret), dengan resolusi 121 megapixel. Biasanya gambar-gambar dari NASA dan lembaga lain, diambil dengan cara memadukan banyak gambar bersama-sama, sehingga sangat langka untuk menemukan  gambar resolusi tinggi dari planet kita yang indah yang diambil hanya dalam satu  kali jepret. Satelit menangkap gambar yang menakjubkan ini setiap setengah jam untuk memantau cuaca dan, jika fenomena cuaca aneh terlihat, operator Rusia dari jarak jauh dapat memerintahkan satelit untuk mengambil gambar setiap 10 menit. Gambar, di mana setiap pixel mewakili 1km, menggunakan kombinasi panjang gelombang visible near-inframerah, sehingga vegetasi yang muncul berwarna merah, bukan hijau seperti yang Anda harapkan.

Bukan berarti NASA tidak dapat mengambil gambar yang indah juga: Kedua gambar komposit dibawah ini adalah gambar 'warna asli' dari planet biru kita



Electro-L berada dalam orbit geo-stasioner, yang berarti kecepatannya sama dengan rotasi bumi, sehingga tetap 'bergerak' di atas titik tetap planet ini. Satelit ini diluncurkan pada bulan Januari 2011 dan telah menghasilkan gambar-gambar yang menakjubkan sejak saat itu.

Electro-L melayang di angkasa, 36.000 km di atas khatulistiwa, tinggal di orbit geostasioner dan mengambil gambar planet kita yang berputar
Gambar dari Electro-L juga telah dipadukan bersama-sama untuk dibuat video 'time-lapse' dari planet kita (di bawah), menunjukkan kepada kita, tarian dari benua dan awan-awan saat planet melayang di angkasa, membawa semua yang kita tahu bersamanya dalam perjalanan kosmik.

video


Subhanallah





Source

Popular Posts