Wednesday, June 6, 2012

6 Video Letusan Gunung yang Luar Biasa

Gunung berapi telah ada di bumi sejak awal sejarah panjang bumi, 4,5 miliar tahun. Saat dalam kondisi ekstremnya, tidak banyak lagi yang dapat dibandingkan dengan bahaya dan kekuatan letusannya. Dengan daya rusak yang hebat, saat gunung meningkatkan levelnya, atau saat lahirnya gunung berapi yang baru, letusan gunung berapi tidak diragukan lagi adalah salah satu juara dari kekuatan ekstrim alam. Dipostingan ini AMJG sajikan enam video yang paling luar biasa dari letusan gunung berapi tahun 2009 - 2010:


6. Gunung Kilauea, Hawaii, 2009
video
Letusan ini terjadi pada tahun 2009 di Hawaii. Pada screenshot ini kita dapat melihat ledakan, pusaran awan vulkanik (terlihat seperti tornado, tapi bukan) dan petir. Dalam awan letusan gunung berapi, ada partikel-partikel kecil dari material vulkanik bertabrakan satu sama lain pada kecepatan tinggi, dan tabrakan ini dapat mengakibatkan pemisahan muatan di awan vulkanik yang menghasilkan petir. Tornado terbentuk diatas tanah kering, bukan tornado yang sebenarnya, tetapi pembentukan mereka mirip. Pada dasarnya, udara di dalam kolom debu dan gas vulkanik yang sangat panas, Saat naik, ia menarik lebih banyak udara di bawah, tetapi karena angin bertiup dari samping, udara dari bawah akan ditarik ke samping juga, membentuk pusaran.




5.Gunung Eyjafjallajökull, Islandia, 2010
video
Letusan Eyjafjallajökull tahun 2010 adalah timeline peristiwa vulkanik di Eyjafjallajökull, Islandia yang meskipun relatif kecil untuk letusan gunung berapi, menyebabkan gangguan besar untuk perjalanan udara di barat dan utara Eropa selama periode awal, enam hari pada bulan April 2010. Gangguan lokal Tambahan berlanjut sampai Mei 2010. Letusan dinyatakan resmi berakhir pada bulan Oktober 2010, ketika salju di gletser tidak mencair.




4. Gunung Anak Krakatau, Indonesia, 2010
video
Letusan Luar biasa Dari gunung Anak Krakatau, Indonesia pada 1 November 2010. Gunung anak krakatau sedang dalam masa pertumbuhan, sehingga dia harus sering erupsi untuk bertambah besar. Itu bahasa sederhananya.




3. Letusan Bawah Laut, Tonga, 2009
video
Pada tanggal 16 Maret 2009, letusan bawah laut dekat Hunga Tonga-Hunga Haʻapai mulai memuntahkan uap, asap, batu apung, dan abu, ribuan kaki ke langit di atas laut. Pada tanggal 21 Maret kepala geolog Tonga, Kelepi Mafi melaporkan, lava dan abu dari dua vent, satu di pulau tak berpenghuni Hunga Haʻapai dan satu lagi sekitar 100 meter lepas pantai, telah mengisi kesenjangan antara dua vent, menciptakan permukaan tanah baru ratusan meter persegi. Letusan ini menghancurkan Hunga Haʻapai, menyelimutinya dalam abu hitam dan menghapus seluruh vegetasi dan fauna disana. Letusan gunung berapi ini menarik perhatian seluruh dunia.




2. Gunung Eyjafjallajökull, Islandia, 2010
(Letusan yang lain, dengan sudut lebih baik)
video
"Pariwisata Gunung Berapi" dengan cepat bermunculan setelah letusan, dengan perusahaan lokal yang menawarkan tur berwisata untuk melihat gunung berapi. Departemen Perlindungan Sipil Kepolisian Islandia membuat laporan berkala tentang akses ke daerah tersebut, termasuk peta Area Terlarang disekitar Eyjafjallajokull.




1. Gunung Berapi Marum, Vanuatu, 2010
video
Anda mungkin tidak akan pernah melihat orang lebih dekat dengan gunung berapi daripada video ini. Tim Ahli di Vanuatu menuruni lereng vertikal dari Gunung Berapi Marum di Pulau Ambrym, sejauh 500 meter  ke tepi sebuah danau lava yang besar dan mendidih.


Subhanallah




Source

Popular Posts