Wednesday, June 6, 2012

Transit Planet Venus yg Takkan Terulang Hingga 2117

Stargazers dari seluruh dunia berkumpul untuk menonton salah satu peristiwa astronomi paling langka saat ini. Dari AS dan Inggris ke Korea Selatan, orang di seluruh dunia mengalihkan perhatian mereka ke langit di siang hari untuk memastikan menyaksikan planet Venus lewat langsung antara matahari dan Bumi - transit yang tidak akan terjadi lagi selama 105 tahun.

Transit Venus terakhir terjadi delapan tahun lalu - namun kemudian transit Venus yang akan datang, akan terjadi lebih dari satu abad lagi. Selama melewati matahari (dilihat dari bumi), Venus muncul sepertii titik kecil bundar gelap bergerak di wajah matahari, seperti semut di piring makan malam.

Siluet Venus saat melintasi di depan matahari terlihat di kaki langit Kansas City, Missouri pada Selasa, Juni 5, 2012

Planet Venus terlihat seperti titik hitam saat melewatii Matahari yang terbit di Sofia, Bulgaria pada 6 Juni 2012

Transit Venus yang diambil dari Burton Dassett antara Stratford Upon Avon dan Banbury, Inggris

Transit Venus pada 6 Juni 2012 di luar Sarajevo

Planet Venus lewat di depan Matahari seperti yang terlihat selama matahari terbit di belakang Benteng Bratislava di Bratislava, Slovakia, 6 Juni 2012

Gambar transit Venus ini diambil dari Burton Dassett, antara Stratford Upon Avon dan Banbury

Sebuah gambar close-up dari Burton Dassett menunjukkan Venus hanyalah sebuah noda kecil dengan latar belakang Matahari
Jika Anda bisa melihat tahi lalat di wajah pasangan anda, atau Cindy Crawford, Anda dapat melihat Venus. Bagi para astronom, transit Venus bukan hanya tontonan yang langka. Itu juga salah satu peristiwa yang mereka harapkan akan memicu rasa ingin tahu tentang alam semesta dan tempat kita di dalamnya.

Seorang peneliti di Korea Astronomi dan Antariksa Science Institute di Korea Selatan, mengatakan dia berharap orang melihat kehidupan dari perspektif yang lebih besar, dan tidak terjebak dalam yang kecil, masalah sehari-hari. "Bila kita berpikir tentang hal itu dari konteks alam semesta, 105 tahun adalah waktu yang sangat singkat dan Bumi hanyalah titik biru pucat kecil", katanya.

Sementara astronom menggunakan teknologi terbaru untuk mendokumentasikan peristiwa ini, astronot Amerika Don Pettit yang berada di kapal Stasiun Luar Angkasa Internasional berusaha untuk mengambil foto-foto peristiwa tersebut yang paling jelas yang pernah pernah ada dan diposting secara online.

Sebuah foto komposit urutan langkah-langkah transit seluruh Venus terlihat di atas langit kota Seoul, Korea Selatan, 6 Juni 2012

NASA memastikan semua "kamera" yang mereka miliki merekam peristiwa ini, untuk menangkap gambar untuk bagi anak cucu - jika mereka gagal merekamnya, perlu waktu 105-tahun untuk menunggu peristiwa  sejenis yang berikutnya

Gambar yang disediakan oleh NASA menunjukkan view definisi ultra-tinggi Solar Dynamic Observatory dari peristiwa Venus transit itu, suatu peristiwa yang tidak akan terjadi selama 105 tahun

Gambar yang disediakan oleh NASA ini menunjukkan view Venus yang diambil oleh Solar Dynamic Observatory. Venus, titik hitam di tengah atas, melintas di depan matahari Selasa, Juni 5, 2012

Ini hanya satu frame dari sebuah video pendek yang menakjubkan yang diupload oleh NASA saat Venus melewati matahari

Kiri: Planet Venus lewat di depan matahari saat mulai tenggelam di balik Dewig Liberty di atas Texas State Capitol di Austin, Texas. dan dekat kanan: gedung KCPL di pusat kota Kansas City, Mo

View Matahari saat planet Venus lewat di antara Matahari dan Bumi di New York, New York, AS, 5 Juni 2012

Banyak cara untuk melihatnya, banyak tempat di dunia untuk melihatnya: Profesor Hashim Ahmed Yousif Al-Sayed, dekan di College of Science di Universitas Bahrain, memproyeksikan citra matahari bagi siswa
Sementara itu, penikmat terestrial diperingatkan untuk hanya melihat acara langit dengan teleskop benar disaring atau kacamata gerhana kardus. Jika matahari dipandang langsung, kerusakan mata permanen dapat terjadi.

Di Los Angeles, kerumunan orang-orang terjadi di bukit Hollywood di mana Observatorium Griffith menggelar karpet merah untuk Venus. Terakhir kali kota ini mengalami transit Venus adalah 130 tahun yang lalu pada tahun 1882. Transit venus di tahun 2004 tidak terlihat dari AS barat

Teleskop dengan filter khusus didirikan di samping halaman dan orang bergantian menatap matahari sebelum dan selama transit. Para astronom dan relawan memberikan kuliah tentang peristiwa ini kepada siapa saja yang mau mendengarkan.

Menit-menit sebelum Venus menyentuh tepi luar matahari, 'Transit Of Venus March'. Orang banyak mengalihkan perhatian mereka ke langit. Selama hampir 18 menit, Venus muncul sebagai bercak hitam.

Jamie Jetton mengambil cuti dari pekerjaan untuk membawa dua keponakannya, 6 dan 11 tahun, berkunjung dari Arizona ke observatorium. Dengan memakai kacamata gerhana, butuh sedikit waktu sebelum mereka melihat Venus. "Aku masih bersenang-senang. Ini sebuah pengalaman. Ini sesuatu yang akan kita kenang selama sisa hidup kita, "katanya.


Transit Venus yang diambil dari Burton Dassett antara Stratford Upon Avon dan Banbury, Inggris - Venus telah membuat perjalanan spektakuler di matahari dalam peristiwa langka yang takkan terlihat lagi untuk lebih dari seratus tahun.

Venus melintasi matahari dari titik pengamatan di Pakistan pada 6 Juni 2012

Planet Venus membuat transit di Matahari seperti yang terlihat dari Kathmandu pada 6 Juni 2012
Bo Tan, seorang insinyur perangkat lunak 32-tahun mengambil libur setengah hari dari pekerjaan dan pergi dengan rekan kerja ke observatorium. Dia mengakui dia bukan seorang penggemar astronomi tetapi tidak bisa melewatkan kesempatan ini. Dia menunjuk ke kacamata gerhana matahari nya dan kamera Nikon di balik itu untuk mengambil gambar. "Ini membuat Anda merasa seperti setitik kecil di alam semesta," katanya.

Di Meksiko, sedikitnya 100 orang antri dua jam lebih awal untuk melihat peristiwa tersebut melalui teleskop atau salah satu dari 150 kacamata khusus. Titik pengamatan juga dibangun di selusin lokasi.

Venus, yang sangat panas, adalah satu dari dua planet tetangga bumi dan ukurannya hampir sama dengan ukuran planet kita sehingga para ilmuwan pernah menyebutnya kembaran bumi. Selama transit, Venus terlihat seperti titik kecil.

Ini akan menjadi perjalanan ketujuh yang terlihat sejak astronom Jerman Johannes Kepler pertama meramalkan fenomena di abad ke-17. Karena bentuk dan kecepatan orbit Venus mengelilingi matahari dan hubungannya dengan perjalanan tahunan bumi, transit terjadi pada pasangan yang dipisahkan oleh lebih dari satu abad.

Peristiwa ini memang tidak sedramatis dan semenakjubkan gerhana matahari total, yang menyapu bayangan ke Bumi, namun akan ada enam peristiwa gerhana total lebih banyak dalam dekade ini.

Di Hawaii, ratusan turis dan penduduk lokal melewati area Pantai Waikiki di mana University of Hawaii menyiapkan delapan teleskop dan dua layar besar menampilkan webcast transit seperti yang terlihat dari teleskop di gunung berapi di pulau-pulau Hawaii lainnya. Tapi saat Venus melintas matahari, awan memblokir pandangan langsung. Awan intermiten tidak membuat orang-orang berhenti dari melihat ke atas melalui filter, tetapi hal itu mendorong beberapa orang menyaksikannya melalui layar sebagai gantinya.

Planet Venus dapat dilihat melintasi Matahari, dari Beijing

Pada foto ini yang diambil dengan menggunakan filter merah, Venus mulai lewat di depan matahari, terlihat dari Overland Park, Kansas, Selasa

Seekor burung bertengger di atas salah satu kubah di tengara Taj Mahal saat Venus, kiri atas, mulai lewat di depan matahari, terlihat dari Agra, India, Rabu, 6 Juni, 2012

Planet Venus melintasi Matahari seperti yang terlihat dari Kathmandu

Venus terlihat sebagai sebuah titik saat transit di matahari pada 6 Juni 2012 di luar Sarajevo

Planet Venus melintasi bagian kanan atas matahari seperti yang terlihat dari Edgewater Park di Cleveland pada Selasa, Juni 5, 2012

View Matahari saat planet Venus lewat di antara Matahari dan Bumi di New York, New York, AS, 5 Juni 2012

Dalam gambar handout yang disediakan oleh NASA, satelit SDO menangkap pendekatan Venus sebelum transit di wajah matahari pada tanggal 5 Juni 2012 dari ruang angkasa

Handout image milik NASA menunjukkan planet Venus pada awal transit Matahari, 5 Juni 2012. Salah satu peristiwa astronomi paling langka terjadi pada hari Selasa dan Rabu ketika Venus berada diantara matahari dan Bumi, transit yang tidak akan terjadi lagi sampai tahun 2117
Para astronom juga menyaksikan peristiwa ini di Pearl Harbor dan Ko Olina.

NASA merencanakan pesta menonton di perusahaan Goddard Visitor Center di Maryland dengan teleskop matahari, gambar-gambar "sekualitas Hubble" dari Solar Dynamics Observatory Mission dan komentar ahli serta presentasi.

Kebanyakan orang cenderung untuk tidak menatap matahari dalam jangka waktu yang lama karena itu menyakitkan dan secara naluriah orang akan berpaling. Tapi ada godaan untuk menatapnya selama peristiwa langit seperti gerhana matahari atau transit Venus.

Mata memiliki lensa dan jika kita menatap matahari, sinar matahari akan terrkonsentrasi pada retina dan dapat membakarnyau. Ini mirip dengan ketika kita memegang kaca pembesar di bawah terik matahari dan cahayanya dapat membakar selembar kertas. Meskipun memerlukan waktu beberapa jam bagi orang untuk menyadari kerusakan pada mata mereka, tapi pada saat itu, kerusakan telah terjadi, dan dalam beberapa kasus, tidak dapat diperbaiki seperti semula.

Selama gerhana matahari tahun 1970 yang terlihat dari timur AS, 145 luka bakar retina dilaporkan, menurut American Academy of Ophthalmology.

Para ahli dari Museum Ruang Angkasa Hong Kong dan kelompok astronomi lokal mengorganisir acara melihat peristiwa ini di luar gedung museum di tepi Kowloon waterfront, yang menghadap kota terkenal di China selatan, Victoria Harbor.

Transit yang terjadi selama rentang 6-jam, 40 menit yang dimulai setelah 6 pm EDT di Amerika Serikat. Di sebagian besar wilayah Amerika Utara dan Tengah melihat awal transit sampai matahari terbenam, sedangkan di Asia Barat, bagian timur Afrika dan sebagian besar Eropa menyaksikan transit setelah matahari terbit.

Hawaii, Alaska, Australia timur dan timur Asia termasuk Jepang, Korea Utara dan Selatan dan timur China akan mendapatkan seluruh pertunjukan transit yang terjadi siang hari di daerah tersebut.

Venus mulai lewat di depan matahari, terlihat dari New York, Selasa 5 Juni, 2012

Venus, kanan atas, transit matahari seperti yang terlihat melalui kaca gelap dari Quito, Ekuador, Selasa 5 Juni, 2012

Venus (atas, kanan) melintasi wajah matahari yang terlihat dari Havana pada 5 Juni 2012

Titik hitam kecil terlihat di bagian kanan atas matahari adalah planet Venus, saat transit di wajah matahari Selasa, 5 Juni 2012, seperti yang terlihat dari Mt. Trashmore di Virginia Beach, Va

video


Subhanalllah





Source

Popular Posts