Monday, January 21, 2013

Lahirnya Bintang-Bintang di Lupus 3

Dua Foto menakjubkan ini menunjukkan awan gelap di ruang angkasa di mana 2 bintang baru terbentuk disamping sekelompok bintang cemerlang yang telah muncul.

Awan atau nebula, yang dikenal sebagai Lupus 3, terletak sekitar 600 tahun cahaya dari Bumi di konstelasi Scorpius (The Scorpion).

Foto-foto ini, yang baru-baru ini diambil oleh teleskop di  European Southern Observatory, Chile, dianggap sebagai citra terbaik yang pernah diambil dari Lupus 3.

Lupus 3 dan sekelompok bintang cemerlang yang terletak sekitar 600 tahun cahaya dari Bumi di konstelasi Scorpius
Observatorium ini telah merilis dua foto, dan salah satunya adalah pandangan close-up dan video yang mengungkapkan awan Lupus 3 dan gugus bintang terang yang menyilaukan disampingnya.

Pada pandangan pertama, kedua fitur tersebut sangat berbeda, tetapi mereka sebenarnya terkait erat,
Awan bertindak sebagai semacam tempat pembibitan untuk bintang-bintang baru. Daerah padat dari awan terkontraksi oleh gravitasinya sendiri dan memanas, mereka inilah yang kemudian menjadi bintang yang baru lahir yang cahaya awal mereka diblokir oleh gas disekitarnya.

Namun, bersamaan dengan berjalannya waktu, bintang tersebut tumbuh dan menjadi lebih panas, angin bintang mereka akhirnya menyapu gas yang menghalangi mereka, sehingga mereka muncul sebagai suar yang sangat terang mirip dengan gugus bintang yang terlihat di Lupus 3.

Bintang-bintang terang di sebelah kanan dari pusat foto kedua dibawah ini, memberikan contoh yang sempurna dari sebuah kelompok kecil bintang muda yang panas. Beberapa dari cahaya biru brilian mereka terhamburkan oleh debu yang tersisa di sekitar mereka.

Foto close-up yang mengungkapkan Lupus 3 dan sekelompok bintang baru yang brilian yang telah muncul dari tempat pembibitan bintang yang berdebu
Dua bintang paling terang di gugus dapat dilihat dengan mudah dengan teleskop kecil, dan berumur kurang dari satu juta tahun.

Foto-foto baru Lupus 3 dan gugus bintang tetangganya di ambil dengan teleskop MPG/ESO 2.2-meter di ESO's La Silla Observatory, jauh tinggi di Gurun Atacama Chili. Pandangan luas (wide-field view) ini mencakup sekitar lima tahun cahaya.

Para ilmuwan percaya bahwa awan ruang angkasa Lupus 3 kemungkinan mirip dengan pembibitan bintang yang melahirkan matahari kita lebih dari empat miliar tahun yang lalu.

video

Ya Tuhan kami, tiadalah Engkau menciptakan ini dengan sia-sia, Maha Suci Engkau, maka peliharalah kami dari siksa neraka.









Baca Juga:

Kelahiran Bintang-Bintang di Nebula Sharpless 2-239

Nebulae: Ibu dari Bintang-Bintang

Nebula (ad-Dukhan)




Popular Posts