Saturday, January 5, 2013

Zeta Ophiuchi - Runaway Star atau Mashobih?

Layaknya kapal yang mengarungi lautan kosmik, bintang lari (runaway star) Zeta Ophiuchi menghasilkan gelombang antarbintang yang melengkung ataupun gumpalan berbentuk busur (bow shock) seperti terlihat dalam potret inframerah yang menakjubkan dibawah ini.



Tampak dalam foto false-color di atas, Zeta Oph yang kebiruan, bintang dengan massa sekitar 20 kali lebih besar dan 6 kali lebih panas dari Matahari, berada di bagian tengah gambar, bergerak ke arah kiri dengan kecepatan 24 kilometer per detik.

Lihatlah gumpalan merah muda dari debu antar bintang di sebelah kirinya, atau didepan bintang Zeta Oph itu. Debu antar bintang ini terpilin dan melengkung, seolah-olah mereka melarikan diri keluar dari bintang. Faktanya adalah bahwa kolom debu antar bintang itu sudah ada sebelum Zeta Oph melintasinya dan bergerak menjauh darinya saat zeta oph melintasinya. Dengan kata lain, kolom debu antar bintang itu bentuknya tidak seperti ini beberapa tahun yang lalu.

Mereka melengkung karena busur kejut (bowshock) dari Zeta Ophiuchi. Selama perjalanan, bintang masif ini memancarkan semacam angin bintang yang kuat yang meniup dan menyingkirkan apapun yang ada di depan. Angin bintang atau partikel-partikel gas yang panas yang berasal dari bintang berjalan setengah tahun cahaya di depan bintang. Jarak ini hampir sama dengan 800 kali jarak dari matahari ke Pluto. Menurut NASA, "Kecepatan angin bintang ditambah kecepatan gerak supersonik bintang menghasilkan tabrakan spektakuler yang terlihat pada gambar diatas"

Kecepatan total partikel-partikel jauh lebih besar dari kecepatan bintang, karena kecepatan total mereka adalah kecepatan mereka sendiri ditambah dengan kecepatan Zeta Ophiuchi. Dan saat partike-partikel ini bertabrakan dengan kolom debu antar bintang yang tenang, mereka memindahkannya dan mendeformasinya dengan keras, membentuknya menjadi bidang gumpalan yang melengkung. Di sekitarnya adalah awan ataupun material yang relatif tidak berkaitan.


Apa yang menyebabkan bintang ini bergerak?
Zeta Oph kemungkinan pernah menjadi anggota dari sistem bintang ganda, bintang pasangannya berukuran lebih besar dan karenanya lebih pendek umurnya. Ketika pasangannya meledak sebagai supernova dan seketika kehilangan massanya, Zeta Oph terlempar keluar dari sistem itu. Jadi, seperti martil yang berputar cepat di Olimpiade, bintang maharaksasa biru ini diperlakukan seperti martil, dibebaskan dari pelukan gravitasi saudaranya yang meledak dalam sekejap. Pada saat ledakan, momentum orbital bintang ini menembaknya ke luar angkasa dengan kecepatan tinggi.

Dengan jarak sekitar 460 tahun cahaya, Zeta Oph terlihat 80.000 kali lebih cemerlang dari Matahari dan akan menjadi salah satu bintang terang di langit jika tidak dikelilingi oleh debu angkasa yang menutupinya. Gambar pertama di atas mencakup luasan 1,5 derajat atau 12 tahun cahaya pada jarak perkiraan dari posisi Zeta Ophiuchi.

video

Apakah bintang-bintang lari seperti Zeta Oph ini yang dimaksud surat Al-Mulk ayat 5 sebagai Mashobih yang digunakan untuk melempar setan-setan?

Sesungguhnya Kami telah menghiasi langit yang dekat dengan bintang-bintang, dan Kami jadikan bintang-bintang itu alat-alat pelempar syaitan, dan Kami sediakan bagi mereka siksa neraka yang menyala-nyala. (QS 67:5)


Wallahualam

Lebih Lengkapnya Baca Disini: Bintang & Planet Pelarian

Popular Posts