Sunday, July 7, 2013

Overburden Conveyor Bridge F60

Jerman memang jagonya membuat mesin-mesin raksasa. Postingan kali ini juga mengenai salah satu mesin industri raksasa buatan Jerman.



F60 adalah sebutan dari lima jembatan conveyor overburden yang digunakan dalam pertambangan batubara di coalfields Lusatian di Jerman. Mereka dibangun oleh pendiri Volkseigener Betrieb TAKRAF di Lauchhammer dan menjadi mesin industri teknis yang bergerak terbesar di dunia. Fungsi dari jembatan conveyor overburden, adalah mengangkut overburden yang terletak di atas lapisan batu bara. Ketinggian cuttingnya adalah 60 m, maka namanya F60. Dengan panjang 502 m, jembatan ini juga disebut sebagai menara Eiffel yang berbaring. Secara total, tinggi F60 adalah hingga 80 m dan lebarnya 240 m. Dalam kondisi operasi, beratnya 13.600 metrik ton.


Masih ada empat F60 yang beroperasi di coalfields Lusatian hari ini: di tambang opencast brown coal di Jänschwalde (Brandenburg, dekat Jänschwalde Power Station), Welzow-Süd (Brandenburg, dekat Schwarze Power Station Pumpe), Nochten dan Reichwalde (Saxony, dekat Power Station Boxberg). Kelima F60, yang terakhir dibangun, adalah di Lichterfeld-Schacksdorf dan dapat diakses oleh umum.


F60 memiliki dua bogie (chassis dengan roda), satu di sisi pembuangan (depan) dan satu di sisi penggali (belakang), yang masing-masing berjalan pada dua rel (ukuran standar). Selain dua rel di sisi penggali, ada dua rel untuk trafo dan kabel mobil. Ada total 760 roda pada bogie, dimana 380 roda ditenagai. Kecepatan maksimum F60 adalah 13 m / min (0.78 km / jam) dan kecepatan operasinya adalah 9 m / min (0.54 km / jam).


F60 memiliki dua excavator tipe ES 3750 di sisinya untuk melakukan persiapan  pekerjaan (lihat foto panorama dari tambang Jänschwalde), masing-masing di utara dan selatan conveyor yang melintang. Mereka masing-masing memiliki output 29.000 m³ / h (50.000 t), yang sesuai dengan volume ukuran lapangan sepak bola dengan kedalaman 7-8 m. Ada sembilan macam sabuk conveyor overburden dengan kecepatan 10 m / s.


F60, termasuk dua excavator, membutuhkan tenaga 27.000 kW. Jembatan membutuhkan 1,2 kWh listrik untuk menyampaikan overburden per meter kubik, dari konveyor melintang sampai ke pembuangan pada ketinggian 75 m.


video












Baca Juga:





Source: Wikipedia

Popular Posts