Wednesday, April 23, 2014

Air yang Membalikkan Arah Anak Panah

Ini adalah fenomena optik yang sering AMJG praktekkan di rumah semasa SD. Anda juga dapat melakukannya di rumah dan menunjukkannya kepada putra putri anda, dan mungkin mereka akan tercengang melihat fenomena optik ini ...

Oke, pertama lihat dan perhatikan video dibawah ini. Setelah itu lakukanlah sendiri di rumah atau sekolah.

video

Ya, awalnya gambarlah dua anak panah yang arahnya sama (misal sama-sama arah kiri) dengan posisi satu diatas yang lain. Setelah itu taruhlah gelas kaca di muka gambar panah tersebut (beri jarak antara gelas dan gambar). Kedua anak panah akan tetap menghadap arah yang sama. Lalu isilah gelas tersebut dengan air putih sebatas gambar anak panah yang bawah. Maka anak panah yang bawahpun akan terlihat berbalik arah, mengarah ke kanan, berlawanan dengan arah anak panah diatasnya yang masih mengarah ke kiri. Ketika gelas diisi air lagi, maka anak panah yang ataspun akan ikut berbalik arah, mengarah kek kanan, sama dengan anak panah bawah, namun arah mereka kini sama-sama ke kanan bukan ke kiri lagi seperti saat sebelum gelas diisi air.



Mengapa hal itu terjadi?
Gelas kaca tersebut bisa dikatakan transparan sehingga kedua anak panah tetap menunjuk ke kiri. Dengan air di dalamnya, gelas kaca tersebut akan bertindak seperti lensa cembung (bagian tengah lebih tebal dari tepi) yang menghasilkan bayangan gambar yang terbalik bila dilihat pada jarak di luar titik fokusnya. Untuk gelas minum standar, jarak titik fokusnya cukup pendek sehingga mudah untuk meniru percobaan ini.




Please Try This at Home!


Baca Juga:






Popular Posts