Thursday, April 10, 2014

Video Oarfish di Pantai Mexico

Kisah-kisah ular laut telah menghantui penjelajah pemberani dan pelaut berpengalaman selama ratusan tahun. Dan sekarang ikan langka yang jarang terlihat oleh manusia yang memiliki tubuh yang sangat panjang, telah terekam dalam video.



Oarfish, Regalecus glesne, adalah ikan bertulang (bony fish) terpanjang di dunia, tetapi bukti keberadaan mereka yang jauh di bawah permukaan laut, hanya diketahui oleh segelintir video dan gambar, itupun kebanyakan adalah spesimen mati yang telah terdampar di pantai.

Seekor oarfish mati sepanjang 18 kaki ditemukan di lepas pantai pada bulan Oktober 2013 di Toyon Bay Kepulauan Catalina di California Selatan. Butuh 15 orang dewasa untuk mengangkut ikan keperakan ini keluar dari air dan sampai ke pantai.

Sekarang sebuah video yang merekam oarfish hidup sepanjang 4,5 meter berenang di air dangkal yang jernih di Laut Cort├ęs Meksiko.

Video ini diambil oleh para ahli pada perjalanan yang diselenggarakan oleh Chicago Shedd Aquarium.

Meskipun ini bukan spesimen oarfis yang terbesar, namun rekaman ini membantu para ilmuwan untuk dipelajari karena hanya ada sedikit rekaman video tentang oarfish hidup dikarenakan makhluk ini biasanya hidup dikedalaman antara 198 meter hingga 914 meter di bawah permukaan laut di mana hanya ada sedikit cahaya.

Oarfish dapat tumbuh hingga 17 meter dan memiliki sirip punggung yang khas yang dalam video ini mencuat keluar dari air.

Aksi renang makhluk ini yang meliuk-liuk mulus membuat para sejarawan berpikir bahwa binatang ini mungkin adalah sumber cerita tentang ular laut raksasa.


Sirip punggung yang dimulai tepat di atas mata kecil makhluk ini berwarna kemerahan dan memanjang diseluruh panjang tubuhnya. Para peneliti dari Selandia Baru telah menyatakan bahwa oarfish dapat mengeluarkan kejutan listrik bila disentuh.

Oarfish dapat ditemukan di sebagian besar lautan beriklim sedang dan tropis dunia, tapi hampir tidak pernah terlihat. Mereka makan plankton dan udang kecil serta ubur-ubur dan mereka sendiri diburu oleh karnivora samudera yang lebih besar.



Baca Juga:




Source:

Popular Posts