Monday, May 5, 2014

April 2014 adalah Bulan Gempa Besar?

Gempa bermagnitude 6.0 yang mengguncang Tokyo senin pagi dan 6,0 yang mengguncang utara Thailand dan Myanmar senin sore hari ini, 5 Mei 2014, menjadi pengingat bagi kita betapa aktifnya tanah yang tampaknya padat di bawah kita.



Dan pengingat ini telah menjadi semakin sering. Rata-rata, dunia hanya melihat satu atau dua gempa bumi per bulan yang besarnya 6,5 atau lebih tinggi.

Tapi bulan April lalu, tercatat lebih banyak gempa yang lebih tinggi dari peristiwa seismik normal, sebagaimana terungkap dalam video time-lapse yang luar biasa dibawah ini.

Gempa bumi terjadi setiap hari, dan seperti yang animasi ini tunjukkan, gempa-gempa kecil terjadi setidaknya sekali satu jam.

Menurut Pusat Peringatan Tsunami Pasifik (Pacific Tsunami Warning Center disingkat PTWC), yang mengeluarkan peringatan tsunami, ada 13 gempa bumi besar pada bulan April 2014. Lima lebih tinggi dari 7,8, yang mendorong peringatan tsunami.

Gempa bumi sedang sampai besar biasanya kurang umum atau jarang, tapi bulan lalu telah menciptakan sebuah rekor, menurut PTWC.

Video time-lapse dibawah membawa kita pada sebuah perjalanan semua gempa bumi dari ukuran menengah hingga besar yang tercatat, berlangsung dari Januari hingga April tahun ini.

Awalnya Bumi tampak relatif tenang sampai tanggal 1 April, ketika sebuah gempa berkekuatan besar 8,2 mengguncang Chile utara.


Dari sana, Bumi terus diguncang dengan gempa besar lain yang melanda Kepulauan Solomon di Pasifik Selatan.

Aktivitas ini tidak terjadi semua bulan. Tapi yang menarik, menurut PTWC, adalah banyaknya gempa lain yang bukan bagian dari dua kelompok besar ini .

Ada gempa-gempa yang terisolasi yang lebih besar dari normal di seluruh dunia, seperti di Nikaragua, Meksiko, Kanada, dan bahkan salah satu yang sangat tidak biasa yaitu di Atlantik Selatan.

PTWC tidak memberikan indikasi apa yang mungkin berada di balik perubahan besar dalam aktivitas seismik ini.


Animasi ini diakhiri dengan ringkasan peta yang menunjukkan semua gempa bumi pada periode empat bulan ini.

video


Daftar Gempa Bumi dengan magnitude diatas 6,0 pada Bulan April 2014


Pertanyaannya adalah: apakah bulan-bulan berikut di tahun ini akan bertambah banyak gempa-gempa besar yang terjadi? Mari kita tunggu dan lihat bersama-sama ....

__________________________________________________________________________________________________

Semakin mendekat kepada manusia hari menghisab segala amalan mereka, sedang mereka berada dalam kelalaian lagi berpaling (daripadanya). (QS 21:1)


Baca Juga:





Popular Posts