Tuesday, May 13, 2014

Mahluk Hidup Terbesar di Dunia

Paus biru (Balaenoptera musculus) adalah binatang terbesar yang pernah ada di bumi. mereka dapat memiliki bobot lebih dari 150 ton, yang lebih dari dinosaurus terbesar! Tapi paus biru bukan makhluk hidup terbesar. Jadi mahluk apakah yang terbesar di dunia?


Yah, itu tergantung pada apa yang kita maksud dengan kata "terbesar"! Mahluk hidup yang tertinggi mungkin adalah pohon redwood (Sequoia sempervirens yang dijuluki "Hyperion" di California. Pohon ini menjulang setinggi 115 meter, sehingga lebih tinggi dari patung liberty (25 % lebih tinggi).

Jadi mahluk hidup apakah yang ukurannya terbesar didunia dan mahluk hidup apakah yang bobotnya terberat di dunia? Jawabannya agak aneh: Pertama adalah "pemakan" pohon, dan yang kedua adalah pohon.


Jika suatu waktu nanti anda membeli jamur kancing putih di pasar, ingatlah bahwa meskipun mereka mungkin lucu dan berukuran kecil tetapi kerabat mereka yang berada di amerika, menempati  965 hektar tanah di Blue Mountains Oregon. Dengan kata lain, jamur raksasa ini akan mencakup 1.665 lapangan bola, atau hampir 10 kilometer persegi tanah.


Penemuan Armillaria ostoyae raksasa atau sekarang disebut Armillaria solidipes, pada tahun 1998 membuat rekor baru untuk titel organisme terbesar di dunia yang diketahui. Berdasarkan tingkat pertumbuhan saat ini, jamur tersebut diperkirakan berusia sekitar 2.400 tahun.

Sebuah tim ilmuwan kehutanan menemukan ukuran raksasa setelah memetakan populasi jamur patogen ini di timur Oregon dan juga mengujinya secara genetis. Ternyata semua jamur (yang terlihat dipermukaan tanah) disana memiliki gen yang identik, yang berarti mereka semua adalah satu organisme, karena definisi dari organisme (mahluk hidup) adalah: seperangkat sel dengan gen identik yang bekerjasama satu sama lain dan memiliki semacam tujuan bersama atau setidaknya dapat mengkoordinasikan diri untuk melakukan sesuatu. 


Jadi apa yang terlihat dipermukaan tanah sebenarnya adalah "fruiting bodies" atau tubuh buah yang diproduksi oleh jamur. Bayangkan jika pohon apel tumbuh di bawah tanah dan hanya apel-apelnya saja yang muncul ke permukaan tanah atau terlihat oleh kita! kira-kira seperti itulah jamur ini ... kecuali bahwa ia menyebar dengan "miselia" bukan hanya melalui tanah tetapi juga melalui akar dan kulit pohon di hutan, menyerang pohon-pohon dan mencuri nutrisi mereka sehingga dapat terus menyebar luas.


Namun, jika kita berbicara tentang organisme terberat yang pernah ditemukan, maka pemenangnya adalah pohon aspen yang disebut PANDO (Populus tremuloides), yang beratnya lebih dari 6.000 ton atau sebanyak empat puluh paus biru.


Jika Anda pergi ke Fishlake National Forest, meskipun, Anda tidak akan melihat batang pohon raksasa disana,  alih-alih Anda akan melihat hutan dengan pohon-pohon berukuran biasa. Tapi, berkat pengujian genetik, kita mengetahui bahwa hutan yang meliputi daerah seluas 46 hektar tanah ini sebenarnya adalah organisme klonal tunggal yang tumbuh dari benih tunggal kuno. Pohon menyebar begitu banyak karena akarnya mampu mengirim tunas yang tumbuh menjadi apa yang terlihat seperti pohon individu. Karena semua pohon di hutan ini (semunya sekitar 47.000 pohon) adalah bagian dari organisme yang sama, maka perilaku hutan ini juga luar biasa. Misalnya, seluruh hutan bertransisi secara bersamaan dari musim dingin ke musim semi dan penggunaan jaringan akar yang luas untuk mendistribusikan air dan nutrisi dari pohon-pohon yang memiliki kelebihan ke pohon-pohon yang membutuhkan. Cocok dengan namanya Pando yang berarti "saya menyebar".

Berbicara tentang air ... jika kadar air juga kita masukkan ketika menimbang organisme raksasa ini, maka jamur Armillaria solidipes mungkin benar-benar lebih berat dari Pando. Tapi, setidaknya,
jika yang kita timbang adalah massa yang diproduksi selama pertumbuhan atau massa keringnya, dan karena jamur sebagian besar adalah air, maka Pando lah yang menang.

Namun, dengan kemungkinan bahwa beberapa koneksi di bawah tanah, apakah itu akar atau miselia, bisa terputus dengan berjalannya waktu, berarti ada kemungkinan bahwa raksasa-raksasa ini mungkin lebih kecil dari yang diperkirakan, meski masih tetap besar, dan tetap identik secara genetik. Dan akhirnya, karena pengujian ekstensif diperlukan untuk mengkonfirmasi klaim "yang terbesar", jamur dan pohon aspen hanya bisa mengaku menjadi organisme hidup terbesar yang pernah ditemukan atau diketahui. Tidak tertutup kemungkinan bahwa ada monster yang lebih besar mengintai tepat di bawah kaki kita, menunggu untuk ditemukan!

video



Baca Juga:





Popular Posts