Monday, June 30, 2014

Angry Frogs Terlucu di Dunia

Ada kemungkinan Anda telah melihat katak gurun hujan (desert rain frog) sebelumnya; video katak yang sangat lucu ini yang diunggah tahun lalu di youtube telah disaksikan hampir 10 juta kali sejauh ini. Namun bagi anda yang belum pernah melihatnya, maka AMJG menyediakan videonya dan sedikit informasi tentang katak yang sering terlihat seperti bola pasir dan sangat imut ini.



Katak gurun hujan (Breviceps macrops) dalam beberapa hal memang luar biasa, dan tampak seperti  mahluk dari film Pok√©mon.

Berasal dari pantai Namaqualand Afrika Selatan dan pesisir selatan-barat Namibia, katak nokturnal ini menghabiskan sebagian besar siangnya dibawah bukit pasir. Katak ini memiliki flensa pada kaki belakang mereka yang bertindak sebagai penggali untuk lebih mudah menavigasi medan pesisir mereka. Sebidang kecil dunia yang mereka huni adalah wilayah yang sering diliputi kabut laut, yang membuat pasir menjadi lembab di daerah yang sebenarnya kering. Mereka memiliki patch pada perut mereka yang tidak hanya transparan, namun juga memiliki banyak pembuluh darah kapiler yang dapat menyerap air dari pasir.


Dan puncak kelucuan katak gurun hujan ini adalah suaranya yang melengking-lengking mirip suara boneka dan benar-benar membedakannya dari katak-katak lainnya. Setiap spesies katak memang memiliki panggilan yang unik, namun suara katak Breviceps macrops ini benar-benar lucu dan seakan dia berusaha dengan segala kemampuannya, mengusir fotografer satwa liar Dean Boshoff yang merekamnya di bukit-bukit pasir di sepanjang Pelabuhan Nolloth di provinsi Northern Cape.

Lihatlah video berdurasi 29 detik dari katak hujan gurun dengan suaranya yang melengking dengan sengit nya dalam video Boshoff di bawah ini.



Dan ya, katak ini mencicit begitu antusias karena ia mungkin tidak terlalu senang dengan Homo sapiens raksasa dan senjata kamera misteriusnya yang terlalu dekat dengannya. Tetapi mengingat bahwa makhluk manis ini, saat ini terdaftar dalam katagori rentan pada Daftar Merah Spesies-Spesies yang Terancam - dengan ancaman utama adalah hilangnya habitat - maka harapan kita adalah dengan menyebarkan kelucuan katak ini, diharapkan akan lebih banyak orang yang peduli akan kelestarian amfibi terlucu di dunia ini.







Baca Juga:





Source

Popular Posts