Friday, September 2, 2011

Iridescent Clouds

Iridescent Clouds atau awan warna warni adalah terjadinya warna dalam awan yang mirip dengan yang terlihat pada minyak dalam genangan air atau pada gelembung sabun. Ini adalah fenomena yang cukup jarang, paling sering diamati dalam awan awan altocumulus, cirrocumulus dan lenticular, tetapi sangat jarang terjadi pada awan Cirrus.



Awan warna-warni adalah fenomena difraksi disebabkan oleh tetesan air kecil atau kristal es kecil individual yang menghamburan cahaya. Kristal es yang lebih besar menghasilkan lingkaran cahaya, yang adalah fenomena refraksi. Iridescence harus dibedakan dari pembiasan dalam air hujan yang lebih besar yang membuat pelangi.

Jika bagian-bagian awan mengandung tetesan kecil atau kristal es dengan ukuran yang sama, efek kumulatifnya, awan awan tersebut akan terlihat berwarna. Awan haruslah tipis secara optis, sehingga sinar sinar menembus hanya pada satu tetesan tunggal. Oleh karena itu iridescence sebagian besar terlihat di tepi awan atau di awan semi-transparan , dan awan baru yang terbentuk menghasilkan warna terang dan warna-warni yang cemerlang. Ketika awan tipis besar memiliki tetesan dengan ukuran yang sama, iridescene akan berbentuk korona terstruktur korona, yaitu sebuah piringan dengan pusat terang di sekitar matahari atau bulan yang dikelilingi oleh satu atau lebih cincin berwarna.













Baca Juga:





Popular Posts