Friday, September 23, 2011

Tornado atau Puting Beliung

Sebutan Tornado atau badai sering membingungkan masyarakat dan menakutkan karena ketidak tahuan akan pengetahuan tentang fenomena alam tersebut. Tornado memang mempunyai daya rusak yang hebat, akan tetapi kejadian tornado tergantung dari skalanya sementara di Indonesia tornado memang ada akan tetapi hanya pada skala F0 dan F1 atau sering dikenal dengan Puting beliung, Angin puyuh, angin ribut atau angin leysus. Angin puting beliung berbeda dengan badai tropis, kejadiannya berasal dari sel awan tunggal dan lebih sering terajadi pada musim pancaroba atau pada musim penghujan jika pada periode musim penghujan diikuti dengan udara panas 3 hari atau sehari sebelumnya.

Puting Beliung di Pantai Senggigi, Lombok
 


Tornado/Puting Beliung
Apakah Tornado sama dengan Puting beliung, jawabnya ya, perbedaannya hanya pada penyebutan dan skala intensitas Tornado, di Indonesia Tornado dikenal dengan sebutan angina puting beliung atau angina leysus, yang berbeda adalah dalam skala intensitasnya saja, di Indonesia tornado hanya pada skala F0 dan F1, kadang F2 seperti tornado di senggigi diatas (lihat penjelasan skala tornado)


Berikut adalah informasi tentang tornado

a) Pengertian tornado
Menurut Kamus Meteorologi (AMS 2000), tornado adalah “ suatu kolom udara yang berputar dengan kencang, timbul dari awan cumuliform atau dari bagian bawah awan cumuliform, dan sering ( tidak selalu ) tampak seperti funnel cloud.” Dengan kata lain, sebuah vorteks yang diklasifikasikan sebagai tornado, harus terhubung dengan permukaan tanah dan dasar awan. Ahli meteorology belum menemukan cara yang mudah untuk mengklasifikasi dan mendefinisikan tornado. Contohnya, tidak ada perbedaan yang jelas antara mesosiklon ( sirkulasi badai guntur induk ) di permukaan dengan tornado lemah yang besar. Sudah diketahui bahwa funnel pada tornado tidak tampak. Juga, pada kecepatan berapa dari awan ke permukaan tornado berawal.


b) Bagaimana tornado terbentuk ?
Sebagian besar tornado yang merusak dan mematikan disebabkan oleh supersel, yaitu badai guntur yang berputar dengan sirkulasi yang teratur yang disebut mesosiklon. Supersel juga dapat menimbulkan hujan es yang merusak, angin kencang non-tornado, kilat, dan banjir tiba-tiba. Pembentukan tornado umumnya dapat dilihat pada hal- hal yang terjadi pada skala badai, didalam dan sekitar mesosiklon. Pertumbuhan tornado berhubungan dengan perbedaan temperature pada di tepi massa udara turun ( downdraft ) yang berada di sekitar mesosiklon ( downdraft oklusi). Studi pemodelan secara matematis tentang pertumbuhan tornado juga mengindikasikan tornado dapat terjadi tanpa pola temperature tersebut; bahkan kenyataannya, variasi temperatur yang teramati sangat kecil pada beberapa tornado yang menyebabkan kerusakan hebat dalam sejarah yakni pada 3 Mei 1999.

c) Dari arah mana tornado datang?
· Dapat terjadi kapan saja tiap tahunnya
· Dapat terjadi dimana saja diseluruh tempat di dunia, namun pada daerah-daerah lintang tinggi terjdinya biasanya pada musim semia atau musim panas
· Di amerika tornado dapat terjadi pada pukul 15 s.d 21 LT
· Di Indonesia lebih banyak disekitar Sumatera dan Jawa (lihat tabel frekuensi puting beliung)


d) Apakah hujan es selalu terjadi sebelum tornado?Hujan?Kilat?
Karakteristik hujan, angin, kilat, dan hujan es menurut pengamat bervariasi dari badai yang satu dengan badai yang lain, dari jam ke jam, dan bahkan dari arah gerakan badai. Hujan es berukuran besar dapat mengindikasikan badai guntur yang tidak biasa, dan dapat saja terjadi sebelum tornado. Hujan es, atau bentuk lain apapun dari presipitasi, kilat bukanlah prediksi tepat akan terjadi tornado.


 

e) Jenis- Jenis Tornado
Tornado lemah
Ø Mencakup 88% dari jumlah keseluruhan tornado
Ø Menyebabkan kematian kurang dari 5%
Ø Memiliki tenggang waktu 1s.d > 10 menit
Ø Kecepatan angin kurang dari 110 mph

Tornado kuat
Ø Mencakup 11% dari jumlah keseluruhan kejadian tornado
Ø Menyebabkan kematian hampir 30%
Ø Memiliki durasi 20 menit atau bahkan lebih
Ø Memiliki kecepatan angin 110 s.d 205 mph

Tornado sangat kuat
Ø Mencakup 1% dari jumlah keseluruhan kejadian tornado
Ø Menyebabkan kematian hampir 70%
Ø Memiliki durasi melebihi 1 jam
Ø Memiliki kecepatan angin >205 mph


Waterspout
Ø Waterspout merupakan tornado yang lemah yang terbentuk dari perairan hangat
Ø Waterspout terjadi pada saat musim dingin / musim salju yang terlambat datang, disaat orang-orang mengira kemungkinan terjadinya tornado sangat kecil
Ø Waterspout terkadang bergerak di dekat daratan dan menjadi tornado yang menyebabkan kerusakan dan korban jiwa

Empat waterspout diatas laut Adriatik ini diambil pada tgl 23 Juli 1999
Waterspout adalah sebuah pusaran kolumnar intens yang terjadi diatas tubuh air, terhubung ke awan cumuliform. Dalam bentuk umum, ini adalah tornado non-supercell atas air.

Meskipun seringkali lemah dibandingkan sebagian besar mitranya yang berada di darat, versi yang lebih kuat yang dilahirkan oleh mesocyclones memang terjadi. Waterspouts tidak menyedot air. Yang terlihat seperti corong air dari awan sebenarnya adalah tetesan air yang terbentuk oleh kondensasi. Itulah mengapa waterspout TIDAK bertanggungjawab atas hujan ikan seperti yang diteorikan selama ini. Sementara banyak waterspouts terbentuk di daerah tropis, daerah lain juga telah dilaporkan terjadi waterspouts, termasuk Eropa, Selandia Baru, Great Lakes dan Antartika.

Waterspouts memiliki lima tahapan siklus hidup: pembentukan dark spot diatas permukaan air, pola spiral diatas permukaan air, pembentukan cincin semprot (spray ring), pengembangan corong kondensasi yang terlihat, dan akhirnya peluruhan.


WaterSpout


Di samping ini adalah salah satu foto yang diambil dengan baik dari sebuah Waterspouts, yang adalah kolom yang berputar naik karena udara lembab yang biasanya terbentuk di atas air hangat. Waterspouts bisa sama berbahayanya dengan tornado dan dapat membuat kecepatan angin lebih dari 200 kilometer per jam.

Beberapa terbentuk jauh dari badai dan bahkan selama cuaca relatif tenang. Waterspouts mungkin relatif transparan dan awalnya terlihat hanya dengan pola yang tidak biasa mereka ciptakan di atas air.

Gambar di samping ini diambil awal bulan ini di dekat Tampa Bay, Florida. Samudra Atlantik di lepas pantai Florida ini bisa dibilang daerah yang paling aktif di dunia untuk waterspout, dengan ratusan waterspout terbentuk setiap tahun. Beberapa orang berspekulasi bahwa waterspout bertanggung jawab untuk beberapa kehilangan yang tercatat di Segitiga Bermuda.








f). Berapa lama tornado hidup?
Tornado dapat berlangsung mulai dari beberapa detik hingga lebih dari satu jam. Sebagian besar tornado berlangsung kurang dari 10 menit.




Berikut adalah skala intensitas Tornado menurut Fujita 

SKALA KERUSAKAN TORNADO:

F0 < 73mph
Kerusakan ringan. Beberapa kerusakan pada cerobong asap; dahan pohon patah ; pohon-pohon berakar dangkal terdorong; papan- papan penunjuk rusak.

F1 = 73 - 112 mph
Kerusakan sedang. Atap rumah berhamburan; rumah semi-permanen bergeser; ----

F2 113 – 157 mph
Kerusakan yang signifikan. atap rumah kayu rusak; rumah semi-permanen roboh; mobil terbalik; pohon besar tercabut; misil ringan terpicu; mobil terangkat dari permukaan tanah.

F3 158 – 206mph
Kerusakan berat. Atap dan dinding rumah permanen roboh; kereta api terbalik; sebagian besar pohon di hutan tercabut; mobil besar terangkat dan terlempar dari permukaan tanah.

F4 207 – 260 mph
Kerusakan hebat. Rumah permanen terangkat; bangunan dengan pondasi semi-permanen terlempar;misil besar terpicu; mobil dan benda berat lainnya terlempar beterbangan.

F5 261 - 318 mph
Kerusakan sangat hebat. Rumah dengan kerangka yang baik pondasinya terangkat dan tersapu; Misil berukuran besar beterbangan di udara hingga 100 meter; pohon beterbangan; fenomena luar biasa lain akan muncul.



 















Subhanallah


Baca Juga:



0 comments:

Popular Posts