Saturday, October 8, 2011

Pemandangan Bumi dari Luar Angkasa

Biasanya kita di bumi hanya bisa memandang langit, tapi tidak demikian dengan Astronot Stasiun Luar Angkasa Internasional ISS. Jendela mereka, menawarkan pemandangan bumi dan alam semesta secara keseluruhan. Luar angkasa bisa menjadi perbatasan berikutnya untuk liburan.

Memang ada banyak negara dengan program ruang angkasa dan pesawat ruang angkasa mengambil foto foto menakjubkan Bumi-sehingga gambar-gambar dibawah ini tidak sepenuhnya ditangkap oleh ISS- tetapi foto foto ini membuat kita bermimpi berlibur di ruang angkasa. Ketika kita melihat salah satu out-of-dunia-gambar, kita mendapatkan iri ISS karena orang-orang awak stasiun  Berikut adalah koleksi foto yang walaupun sedikit, tetapi tetap menakjubkan dari pesawat ruang angkasa ISS, serta dua video yang luar biasa.

Biasanya kita mendongakkan kepala keatas untuk melihat aurora, tapi para astronot ISS menundukkan kepalanya untuk melihat aurora. Pemandangan aurora seperti ini memberi kita perspektif yang sangat berbeda tentang fenomena ini.


Banyak aurora tampak hijau, tapi kadang-kadang - seperti dalam gambar dari Stasiun Luar Angkasa Internasional ini - warna lain seperti merah dapat muncul. Warna tergantung pada atom apa yang menyebabkan percikan cahaya yang terlihat pada aurora. Dalam kebanyakan kasus, cahaya datang ketika sebuah partikel bermuatan dari angin matahari menyapu dan bertabrakan dengan atom oksigen di atmosfer bumi. Hal ini menghasilkan foton hijau, sehingga sebagian besar aurora tampak hijau. Namun, tabrakan oksigen energi-rendah serta tabrakan dengan atom nitrogen dapat menghasilkan foton merah - jadi kadang-kadang aurora juga menunjukkan pita merah seperti yang terlihat di atas.


Di ujung selatan Pulau Bahrain terdapat kompleks baru berupa 14 pulau-pulau buatan yang dirancang untuk perumahan dan pariwisata dengan hotel-hotel mewah dan pusat perbelanjaan. Durrat Al Bahrain meliputi 21 kilometer persegi luas permukaan baru dan lebih dari 1.000 tempat tinggal telah dirancang sebagai Kepulauan. Ada enam "atol" berbentuk kelopak, dan lima berbentuk ikan. (tapi kelihatannya salah satu dari dari atol yang terletak pada kanan bawah terlihat seperti Pacman).


Letusan Gunung Cleveland, di kepulauan Aleutian Alaska, Para astronot tidak hanya bisa terpesona oleh keindahan alam di Bumi, tetapi mereka juga memiliki kursi yang aman untuk menyaksikan semua bencana alam secara langsung.


Northwestern Europe bright city lights on August 10, 2011

Sebuah pesawat ruang angkasa Soyuz Rusia, merapat ke Stasiun Luar Angkasa Internasional, pada 31 Januari 2011. Bagian biru dan putih dari Bumi dan kegelapan ruang memberikan latar belakang untuk adegan ini.


The World – Dubai World

Kamar Dengan Jendela Dunia. Seorang awak Ekspedisi 26 menggunakan lensa mata ikan untuk memotret gambar dari Cupola Stasiun Luar Angkasa Internasional (27 Januari 2011)


Jantung Asia Tengah

Kebakaran hutan dengan asapnya terlihat samar-samar di langit malam Australia. Halo emas/hijau adalah atmosfer yang menggantung di atas cakrawala.


Bulan nya Bumi

Jules Verne ATV setelah undocking dari ISS. Dengan latar belakang warna putih dan biru nya Bumi, Jules Verne ATV (Automated Transfer Vehicle),satelit kepunyaan ESA ini (kiri bawah) tampak menjadi sangat kecil setelah melepaskan diri dan pergi meninggalkan Stasiun Luar Angkasa Internasional.


Grand Canyon yang biasa kita lihat dalam perspektif bumi, terlihat sangat berbeda jika dilihat dari luarangkasa


 Meskipun terlihat samar, namun pelangi di daerah equator Pasifik ini tetap bisa terlihat dalam foto


 Ini hanyalah satu dari 16 Sunrise atau matahari terbit yang astronot lihat tiap hari. Foto ini diambil ketika ISS terbang diatas daerah antar brazil dan argentina.


Pemandangan malam dari sungai dan delta Nil

Gambar Envisat Meris diatas Laut Utara menangkap jejak kondensasi banyak pesawat, atau 'contrails', juga terlihat bagian dari Belanda (kanan atas), Belgia (kanan bawah) dan Inggris (kiri bawah).


Badai Earl dilihat dari atas

Venesia "kota yang mengapung" dan venesia lagoon di sekelilingnya

Gerhana matahari diLihat dari ISS. Stasiun Antariksa Internasional berada di posisi untuk melihat umbra bayangann bulan saat bergerak antara Bumi dan matahari selama gerhana matahari. Foto ini menangkap bayangan umbra di selatan Turki, Siprus utara dan Laut Mediterania.


Roket pendorong Ariane 5 yang dilepas dari ISS setelah tinggal landas

Pulau berbentuk hati GaleĆĄnjak. Pulau dengan lebar 500 m ini terletak di lepas pantai Kroasia di Laut Adriatik, antara kota Turanj (terlihat putih membentang sepanjang pantai daratan Kroasia) dan Pulau Pasman (kiri bawah). Pulau pulau lainnya yang terlihat disini adalah (dari kiri ke kanan): Garmenjak (bawah), Mala Bisaga, Vela Bisaga, Ricul dan Komornik.


"Ubur ubur" Madagaskar yang diambil dari satelit pengamatan ALOS,  Jepang.  Warna merah dari pasir dan pulau-pulau antara 'tentakel ubur-ubur' berasal dari sedimen yang tersapu dari bukit-bukit dan masuk ke sungai sungai saat hujan deras.


 Satelit Alamnya Bumi

ATV terlihat dari ISS

Bagian dari pulau buatan manusia di teluk persia sekitar 25 mil sebelah barat laut abu dhabi

Badai Ike

 Dibawah ini adalah Video Aurora Australis yang Indah dari ISS


Cahaya kota-kota di bumi


Baginilah rasanya terbang di ruang angkasa diatas permukaan bumi 


Subhanallah

Baca Juga:







Source

Popular Posts