Sunday, December 4, 2011

Asteroid Vesta, Up Close & Personal

Asteroid Vesta bergaris tengah sekitar 500 km. Ini hampir sama panjang dengan pulau jawa. Jadi ini adalah batu yang sangat besar. Vesta juga adalah rumah bagi beberapa tebing yang paling mengesankan dalam Tata Surya. Vesta adalah obyek paling massif nomor dua setelah Cere, di sabuk asteroid yang terletak antara Mars dan Jupiter.


Pesawat ruang angkasa robotik, Dawn, mulai mengorbit di asteroid ini, sejak tanggal 15 juli 2011, membuat foto foto resolusi tinggi dari permukaan vesta yang bergelombang, berkawah, dan melakukan beberapa pengukuran scientific lainnya.

Dalam gambar di bawah ini, dekat pusat gambar adalah tebing yang sangat dalam memanjang sekitar 20 kilometer dari atas ke bawah.


Topografi dari lereng curam dan sekitarnya menunjukkan bahwa longsor besar mungkin pernah terjadi menuruni lereng ini. Asal muasal lereng curam ini tetap tidak diketahui, tetapi bagian dari tebing itu sendiri harus cukup tua karena beberapa kawah telah muncul di dalamnya, sejak lereng tsb tercipta.

NASA juga merilis animasi asteroid vesta dalam format 3D. Video dimulai dengan global view dari Vesta di bidang ekuator, di mana sebuah pita linier misterius dari pegunungan dan lembah dapat dilihat. Film ini kemudian membawa kita terbang ke kawah muda di belahan bumi utara, yang memiliki alignment yang aneh, sehingga menyebabkan beberapa ilmuwan menjulukinya dengan julukan "Snowman." Tour virtual dari Vesta ini juga memperlihatkan kawasan di sekitar sebuah gunung besar di kutub selatan Vesta yang tingginya sekitar 16 mil (25 kilometer), atau dua kali lebih tinggi dari Gunung. Everest.

video

KEREN!. Dan yang paling menakjubkan adalah bagaimana gunung di kutub selatan vesta memiliki kawah meteor (kawah yang terjadi karena hantaman obyek lain) yang cukup besar dari segi ukuran! Tiap Obyek angkasa yang tak memiliki lapisan atmosfer tentu akan sangat banyak memiliki kawah meteor di permukaannya. ~ kecuali mereka dapat merubah permukaannya sendiri (resurface), seperti yang dilakukan oleh gunung berapi di Io atau mereka yang memiliki lautan dibawah permukaan seperti Enceladus dan Europa ~ sehingga sebenarnya wajar jika permukaan vesta banyak memiliki kawah kawah meteor, termasuk kawah meteor di gunungnya. Tapi biasanya pegunungan relatif kecil, sehingga kawah meteor yang besar akan melenyapkan mereka. Karena gunung ini sangat besar ~ tingginya 2 kali lebih dari tinggi gunung everest jadi ada ruang yang cukup dimana dengan mudah kawah besar akan terbentuk disana tanpa memusnahkan gunung itu.

Sebuah gambar baru dari Dawn menunjukkan gunung ini di tengah topografi daerah kutub selatan asteroid raksasa Vesta.

Images showing key components of Rheasilvia impact basin on Vesta, referred to Shaded-relief topographic map.

Colorized shaded-relief map showing identification of older 375-kilometer-wide impact basin beneath
more recent Rheasilvia impact structure.

This image of the asteroid Vesta, calculated from a shape model, shows a tilted view of the topography of the south polar region
Gambar paling akhir diciptakan dari model bentuk Vesta, dan menunjukkan pandangan perspektif sudut dari topografi wilayah kutub selatan vesta. Resolusi gambar adalah sekitar 300 meter per pixel, dan skala vertikal adalah 1,5 kali dari skala horisontal.

terlihat di tengah gambar terakhir, puncak gunung lebih tinggi di atas rata-rata tinggi dari daerah sekitarnya. Struktur lain yang mengesankan adalah tebing raksasa dengan kemiringan yang curam, yang telah dijelaskan pada gambar ke dua dari atas.

Dawn, kini telah menyelesaikan survei pemetaan ketinggian dan akan memutar turun ke ketinggian orbit yang lebih rendah untuk lebih mengeksplorasi medan gravitasi asteroid ini. Selama 2012, Dawn dijadwalkan akan pergi jauh dari Vesta dan memulai perjalanan panjangnya ke objek sabuk asteroid yang lebih besar: yaitu Ceres.


Source


Popular Posts