Sunday, April 29, 2012

Misteri Obyek2 Kecil di Cincin Saturnus

Ratusan obyek berdiameter diatas setengah mil telah tertangkap kamera dan tampak seperti "cacat" pada salah satu cincin Saturnus. Cacat tersebut sebenarnya adalah bola salju yang dibuat oleh beberapa bulan dari 60 bulan Saturnus, seperti Prometheus. Mereka ini terekam saat meninju cincin F Saturnus, cincin paling luar dari cincin utama planet ini, yang beradius sekitar 87.000 mil.


Pertunjukan Spektakuler: Dari kiri ke kanan di baris atas, jejak dalam gambar ini panjangnya 18,85 dan 96 mil. Di baris bawah dari kiri ke kanan, jejak ini panjangnya 43,129 dan 32 mil.

Perubahan konstan dalam cincin Saturnus yang bergetar dan bergelombang, terlihat dalam rangkaian gambar

Cincin F adalah cincin Saturnus yang paling aneh, dan foto Cassini terbaru ini menunjukkan bagaimana cincin F lebih dinamis dari yang diduga selama ini. Temuan ini menunjukkan bahwa wilayah cincin F adalah seperti sebuah kebun binatang yang ramai dengan obyek-obyek yang berukuran dari setengah mil sampai seratus mil, menciptakan pertunjukan yang spektakuler.

Para ilmuwan telah mengetahui bahwa benda yang relatif besar seperti Prometheus (diameter 92 mil, atau 148 kilometer) dapat membuat saluran, riak dan bola salju di cincin F. Tetapi para ilmuwan tidak tahu apa yang terjadi pada bola salju ini setelah mereka terbentuk.

Beberapa diantaranya pasti rusak oleh tabrakan atau gaya tidal di orbit mereka di sekitar Saturnus, tetapi sekarang para ilmuwan memiliki bukti bahwa beberapa yang lebih kecil tetap bertahandi cincin F.

Objek-objek kecil tampaknya bertabrakan dengan cincin F pada kecepatan sedang - sekitar 4mph (dua meter per detik). Tabrakan ini menyeret partikel partikel es yang gemerlap keluar dari cincin F bersama mereka, meninggalkan jejak yang panjangnya 20 sampai 110 mil (40 sampai 180 kilometer).

Para ilmuwan kebetulan melihat jejak kecil dalam foto sejak tanggal 30 Januari 2009 dan melacaknya lebih dari delapan jam. Rekaman yang berdurasi panjang mengkonfirmasi bahwa jejak-jejak kecil berasal dari cincin F, sehingga para ilmuwan kembali mengecek katalog gambar Cassini untuk melihat apakah fenomena itu sering terjadi.

Cincin Saturnus membentang 46.000 mil ke ruang angkasa

Cincin F memiliki keliling 550.000 mil (881.000 kilometer), dan jet mini ini sangat kecil butuh beberapa waktu dan keberuntungan untuk menemukannya. Para ilmuwan menyisir 20.000 gambar yang dihasilkan Cassini selama tujuh tahun di saturnus dan menemukan 500 contoh jet mini ini. Dalam beberapa kasus, obyek berjalan dalam kemasan, menciptakan jet mini yang tampak cukup eksotis.

Gambar baru lainnya yang menunjukkan sudut pandang yang lebih besar dari cincin F secara keseluruhan, menunjukkan bahwa pusaran berputar dan riak disekeliling cincin adalah diakibatkan oleh berbagai jenis objek yang bergerak melalui dan mengelilinginya.

Mempelajari apa yang terjadi pada cincin F ini membantu kita memahami aktivitas yang terjadi ketika sistem tata surya berevolusi dari disk berdebu yang mirip, tapi jelas jauh lebih megah dari disk yang kita lihat di sekitar Saturnus.

Para ilmuwan tak sabar lagi menanti, fenomena apa lagi yang ada dalam cincin saturnus yang akan Cassini tunjukkan kepada mereka.

video


Subhanallah





Source

Popular Posts