Saturday, June 2, 2012

Gunung Es Membalik

Raksasa, cukup kuat dan dapat memaksa untuk menenggelamkan kapal, namun raksasa tidak sering dikaitkan dengan gerakan tiba-tiba yang dramatis. Tapi, video yang menakjubkan dibawah ini menunjukkan, gunung es besar dapat bergerak sangat cepat jika kondisi memungkinkan - dan tanpa peringatan.

Seorang turis berkesempatan merekam momen luar biasa ini yaitu saat-saat gunung es membalikkan diri, membawa massa es yang besar ke atas permukaan air.

Menakjubkan: Sebuah massa es besar mengapung dari air
Fenomena ini tidak jarang untuk gunung es, tetapi jarang orang yang menyaksikannya atau terlihat di video. Gunung es membalik karena mereka menjadi tidak seimbang setelah mencair dan berubah bentuk.

Sekitar 15 detik video berjalan, puncak gunung es mulai tenggelam ke dalam air. Saat puncak hilang di bawah permukaan air, bagian bawah gunung es yang tidak pernah terlihat sebelumnya naik keluar dari air, menciptakan gelombang dan semprotan.

Energi Tersembunyi: Gunung es terlihat statis di awal video

Tiba-tiba, bagian bawah gunung es mulai muncul

Gunung es membalik, membawa bagian bawahnya ke atas permukaan air
Suara-suara penonton di perahu dapat didengar berteriak dan tertawa saat gunung es membalik.

Transformasi gunung es disaksikan oleh wisatawan yang berkunjung ke Glacier Upsala, yang terletak di  Los Glaciares National Park, Argentina. Gletser yang membentang sepanjang 60 kilometer, pernah menjadi yang terbesar di Amerika Selatan, namun hasil penelitian mengatakan bahwa glacier ini mencair dengan kecepatan 200 meter per tahun. Kunjungan ke daerah tersebut sangat populer di kalangan wisatawan yang mengunjungi bagian selatan Argentina.

video


Dan dibawah ini video lainnya dari gunung es yang membalik dari youtube. Lihatlah gelombang mirip Tsunami yang tercipta



Dan ini adalah foto-foto dari iceberg yang telah baru saja membalik




Baca Juga:





Source

Popular Posts