Thursday, April 12, 2012

Indahnya Gua-Gua Gletser

Gua gletser adalah gua yang terbentuk di dalam gletser. Gua gletser sering disebut gua es, tapi istilah gua es telah mengalami pergeseran makna karena sering digunakan untuk menggambarkan gua batuan yang mengandung es sepanjang tahun.


One of the many ice caves in Iceland
Kebanyakan Gua gletser dimulai oleh air yang mengalir melalui atau di bawah gletser. Air ini seringnya berasal dari permukaan gletser yang mencair kemudian masuk melalui moulin dan keluar di moncong gletser di tingkat dasar. Perpindahan panas dari air dapat menyebabkan pencairan yang cukup untuk membuat rongga berisi udara. Pergerakan udara kemudian dapat membantu pembesaran gua melalui pencairan es di musim panas dan sublimasi di musim dingin.

Glacier cave exploring in Kverkfjöll, part of Vatnajökull ice cap, north-east highlands of Iceland
Beberapa gua gletser terbentuk oleh panas dari panas bumi dari ventilasi vulkanik atau Hotsprings dibawah es. Contoh ekstrim adalah gua gletser Kverkfjöll di gletser Vatnajokull di Islandia, yang diukur pada tahun 1980, panjangnya sebesar 2,8 kilometer dengan total lorong vertikalnya adalah 525 meter.

Glacier caving

Paradise Glacier Caves on Mount Rainier
Beberapa gua gletser relatif tidak stabil karena lelehan dan gerak glasial, membuat ancaman keruntuhan lokal atau keruntuhan lengkap, serta eliminasi oleh retret glasial. Contoh dari sifat dinamis dari gua-gua gletser dapat dilihat di Gua Es Paradise terletak di Mt. Rainier di Amerika Serikat. Dikenal sejak awal 1900-an, gua-gua yang diperkirakan telah lenyap sama sekali pada pertengahan 1940-an, namun pada tahun 1978 cavers diukur 13,25 km dari lorong-lorong di gua-gua gletser di sana, dan itu dianggap sebagai sistem gua gletser terpanjang di dunia. Gua Es Paradise runtuh dan menghilang pada 1990-an, dan lobus bawah gletser yang berisi gua-gua juga lenyap seluruhnya antara 2004 dan 2006.

Castner Glacier Cave

Khumbu Glacier in Nepal

Mendenhall Glacier cave

Ngozumpa glacier

Vatnajokull Iceland.

Vatnajokull in southern Iceland.

Crystal Glacier Cave skaftafell iceland

Recently formed ice cave in the glaciers on the south coast of Iceland. Entering this cave is only possible in a freezing period due to the floor is actually a small lagoon.
Gua gletser dapat digunakan oleh glaciologists untuk mempelajari interior gletser. Studi tentang gua-gua gletser sendiri kadang-kadang disebut Glaciospeleology.

Fox Glacier on New Zealand. One of hundreds of Ice Caves that form and then melt on the glacier. Larger caves can be crawled or walked through.

Ice cave in Glacier Gray, Torres del Paine National Park, Chilean Patagonia

Alaska glacier cave

Golondrinas-descent

Matanuska glacier cave

Dalam foto yang luar biasa yang diambil oleh Michael Zelensky ini, kita melihat pintu masuk ke sebuah terowongan salju yang luar biasa yang hampir satu kilometer panjangnya. Michael bilang terowongan itu berada di bawah bidang salju di jurang dalam yang di akhir musim panas akan mencair (diterjemahkan dari Rusia, mungkin tidak tepat). Ternyata gua ini cukup dekat dengan Gunung Mutnovsky di selatan Kamchatka, Rusia. Orang yang memegang obor adalah sentuhan yang bagus dan sangat membantu untuk menerangi tekstur yang indah dari terowongan salju. Meskipun kita sangat berharap panas dari obor tidak menempatkannya pada resiko dari setiap jenis runtuhnya terowongan.


Ini adalah gua gletser di Semenanjung Kamchatka Rusia. Gua ini dibentuk oleh aliran yang mengalir dari mata air panas yang berhubungan dengan gunung berapi Mutnovsky. Aliran ini mengalir di bawah es glasial di sisi-sisi Mutnovsky. Karena gletser di gunung berapi Kamchatka telah mencair dalam beberapa tahun terakhir, atap gua ini sekarang sangat tipis sehingga sinar matahari dapat menembusnya, dan menerangi struktur es bagian dalam.


Dalam, Biru dan Dingin. Pengalaman memanjat yang menakutkan di dalam sebuah gua es di sisi utara puncak alpine di ketinggian 3800 meter di atas permukaan laut, sangat sulit untuk digambarkan dengan kata-kata; terutama di musim panas, ketika semua es glasial mencair membuat lokasi itu benar-benar membentuk formasi baru. Anda harus tetap fokus, memperhatikan setiap gerakan dan melibatkan diri sepenuhnya untuk pendakian ini


Subhanallah







Source: Wikipedia

Popular Posts