Tuesday, July 24, 2012

Gua Paradise dan Gua FairyTale, Vietnam

Tersembunyi dalam hutan tropis yang lebat di Vietnam, terdapat negeri gua yang fenomenal. Taman Nasional Phong Nha-Ke Bang, berisi area karst besar tertua di Asia; karst yang diyakini telah terbentuk 400 juta tahun lalu, pada masa Paleozoikum, Dan setiap penemuan gua di daerah ini, gua tersebut dianggap yang terbesar dan terpanjang di Phong Nha- Ke Bang, sebelum kemudian digantikan oleh temuan gua baru lagi yang lebih besar. Taman nasional ini adalah rumah bagi gua-gua terbesar di dunia dan dikatakan rumah dari banyak gua di dunia yang paling indah. Daerah ini terkenal dengan gua dan sistem gua, sekitar 300 gua dan  sistem gua, hanya 20 yang telah disurvei oleh para ilmuwan Vietnam dan Inggris. UNESCO menamakannya sebagai Situs Warisan Dunia untuk nilai geologi. Stalaktit dan stalagmit spektakuler menciptakan dunia dongeng dimana formasi bawah tanah membuat terlihat gua-gua seperti memiliki gigi bergerigi atau tempat pohon-pohon aneh dan asing. Pengunjung ke Taman Nasional Phong Nha-Ke Bang paling sering mengunjungi Gua Paradise dan gua Phong Nha yang besar-besar seperti yang terlihat di bawah ini. Jika Anda tidak pernah berharap untuk bepergian ke Vietnam, maka postingan ini adalah perjalanan virtual untuk melihat dunia misterius dan besar yang tersembunyi di bawah Taman Nasionl Phong Nha-Ke Bang.


Taman Nasional Phong Nha-Ke Bang berisi area karst tertua besar di Asia. Melindungi gua gua di daerah itu, adalah alasan untuk taman didirikan dan juga mengapa diangkat menjadi Situs Warisan Dunia UNESCO. Gua ini disebut Thien Duong (Động Thien Đường) dan panjangnya  lebih dari 19 mil (31 km). Para penjelajah gua Inggris begitu terkesan dengan keindahan dari pembentukan batu di dalam gua, yang mereka sebut tempat ini sebagai "Gua surga."


Stalaktit, dibentuk tetesan, menggantung dari langit-langit gua batu kapur. Gua Paradise bawah bawah tanah ini lebarnya mencapai 328-492 kaki (100 - 150 m).


Formasi di Gua Duong Thien Vietnam. Lebih banyak stalaktit dan Flowstone yang seperti lembaran dan dapat dilihat di lantai dan dinding gua .


Taman nasional diciptakan untuk melindungi salah satu dari dua daerah karst terbesar dengan 300 gua dan sistem gua.


Perjalanan di dalam Gua Phong Nha. Ini gua, dari mana nama untuk seluruh sistem dan taman ini berasal, terkenal dengan formasi batuannya yang telah diberi nama-nama seperti "Lion", "Gua peri", "Royal Court", dan " Buddha ". Gua ini panjangnya 25.357 kaki (7.729 m), berisi 14 sistem gua, dengan sungai yang panjangnya 45.830 kaki (13.969 m) di bawah tanah. Para ilmuwan telah mensurvei sejauh 27,65 mil (44,5 km) dari sistem gua di gua ini; wisatawan hanya bisa menembus jarak 4.921 kaki (1500 m).


 Stalagmit bangkit dari lantai batu kapur gua surga di Taman Nasional Phong Nha-Ke Bang.


Lampu fluorescent untuk menyoroti stalagmit dan stalaktit bagi wisatawan di Gua Paradise Vietnam. Bayangkan jika kita datang datang kesini dalam kegelapan seperti yang dialami oleh cavers asli


Jelajahi Phong Nha-Ke Bang National Park. Apakah Anda mempertimbangkan tinggal jauh di sebuah gua untuk bertahan hidup jika sesuatu bencanaterjadi pada dunia? Itu tidak akan menjadi yang pertama kalinya karena orang sejak lama telah bersembunyi dari musuh-musuh mereka dan musuh mereka telah bersembunyi dari mereka di dalam gua


92% dari Taman Nasional Phong Nha-Ke Bang ditutupi oleh hutan tropis. Kabut, menambahkan misteri untuk taman nasional ini, diakui UNESCO situs kelima di Vietnam setelah Ha Long Bay


Di luar gua Phong Nha - Ke Bang. Wikipedia menyatakan, “The main Phong Nha cave includes 14 chambers, connected by an underwater river that runs for 1.5 km. Secondary corridors branch off in all directions. The Outer Cave and some of the Inner Caves have roofs that tower between 25 and 40 meters above the water level. From the 14th chamber there may be other corridors leading to similarly large chambers, but this area proves more dangerous for explorers because of the ongoing erosion of the limestone of the cavern. The Shallow Cave is located 800 meters from the cave mouth, where there is a spectacular landscape of sand and rock. Stalactites and stalagmites jut out like strange trees, exciting visitor’s imaginations.”


Jalan melalui hutan menuju ke Gua surga.


Selain sistem gua dan gua, dikatakan bahwa Phong Nha memiliki sungai bawah tanah terpanjang, gua-gua terbesar dan lorong-lorong, bank pasir terluas, dan formasi batuan yang paling menakjubkan di dunia. Ini adalah salah satu pintu masuk sungai bawah tanah gua.


Berenang di Gua Phong Nha. Menurut UNESCO, “The active river caves are divided into the nine caves of the Phong Nha system discharging to the Son River, and the eight caves of the Vom system discharging to the Chay River. The Phong Nha Cave is the most famous in the entire system, with a currently surveyed length of 44.5 km. Its entrance is the last part of an underground river that connects with the Son River and tour boats can penetrate inside to a distance of 1,500 m. Other extensive caves include the Vom cave at 15 km in length and the Hang Khe Rhy cave with a length of 18,902 m.”


Sebuah lingkungan yang sangat rapuh, gua di Taman Nasional Phong Nha-Ke Bang Vietnam diperkirakan telah berkembang sejak 464.000.000 tahun yang lalu.


Stalagmit spektakuler di dalam Gua Paradise Vietnam. Ada formasi karst yang lain yang disebut tirai, kolom, sedotan, tempat lilin, sapu, totem kutub dan Flowstone.


Tepat sekitar saat National Geographic merilis sebuah fitur tentang gua Song Doong yang baru ditemukan - Gua Terbesar di Dunia - gua ini, Thien Duong alias Gua Paradise dibuka untuk pariwisata. Sebelum itu, Thien Duong sebelumnya telah dianggap gua terbesar di dunia. Proses pembentukan karst di taman nasional Phong Nha-Ke Bang telah mengakibatkan banyak fitur seperti sungai bawah tanah, gua kering, gua bertingkat, gua ditangguhkansuspended cavesdan gua dendritik berpotongan.


Formasi di Gua Paradise vietnam.


Gua Phong Nha, ukuran manusia dibandingkan dengan ukuran formasi.


Gua Tien Son alias gua dongeng, tidak memiliki sungai bawah tanah dan adalah gua kering. Diberi nama gua dongeng karena lanskap didalamnya yang mirip dengan sesuatu dari dongeng. Tien Son panjangnya 980 m. Sebuah lubang yang dalamnya 10 m terletak 400 m dari mulut masuk gua, maka 500 m sisa panjang gua bawah tanah ini berbahaya bagi wisatawan dan terbuka untuk expeditionists profesional saja.


Formasi aneh. Notable caves and grottoes in the Phong Nha Cave system include: Dark Grotto which is 17,250 ft (5,258 m) long and with a height of 272 ft (83 m); E Grotto which is 2,414 ft (736 m) long, Cha An Grotto is 2,188 ft (667 m) long; Thung Grotto has an underground river of 10,994 ft (3,351 m), with the height in some part exceeds 436 ft (133 m); En Grotto is 5,396 ft (1,645 m) long, 257 ft (78.6 m) high; Khe Tien Grotto which is 1,706 ft (520 m) long; Khe Ry Grotto and Khe Thi Grotto.


Kiri: Sebuah stalagmit berbentuk lingga. Kanan: "Cyrtodactylus phongnhakebangensis, spesies yang baru ditemukan, hanya hidup di Phong Nha Ke Bang.


Di dalam gua di  taman nasional Phong Nha-Ke Bang. Vom Grotto panjangnya adalah 9,3 mil (15,05 km), tinggi gua 475 ft (145 m) dengan beberapa sungai bawah tanah dan kolam. Gua ini memiliki beberapa stalagmit dan stalaktit yang spektakuler.  British Cave Research Association scientists menemukan sebuah jurang di Vom Grotto, lubang terdalam di Vietnam, dan menamakannya lubang Tang. Dalamnya lebih dari 836 kaki (255m).


The list seems endless within the national park’s Vom Cave systems: Dai Cao Grotto is 5396 ft (1645 m) long, 91 ft (28 m) high; Duot Grotto has a length of 2.4 miles (3.927 km) and height of 147 ft (45 m); Ca Grotto is a 4,921 ft (1,500 m) long, 203 ft (62 m) high; Ho Grotto is 5,301 ft (1,616 m) long and 150 ft (46 m) high; Over Grotto is a 10,643 ft (3,244 m) long and 337 ft (103 m) high with the width from 98-164 ft (30–50 m); Pygmy Grotto is 2,772 ft (845 m) long; Ruc Caroong Grotto merupakan habitat dari kelompok etnis Arem. Mereka tinggal di, gua gua dan berburu, memanen produk-produk alam.


The photographer wrote, “Wow! Paradise Cave.” The park protects the ecosystem of limestone forest of the Annamite Range region in north central coast of Vietnam.


Ukuran gua Phong Nha dan gua surga seerta formasi-formasi yang berada di dalamnya benar-benar menakjubkan.


Besides the formations, the spectacular system of underground rivers and passages still have some 10th century Cham altars.


Di dalam gua Phong Nha


Dapatkah Anda membayangkan sebuah gua yang lima kali lebih besar dari Phong Nha? Yah, gua sebesar itu memang ada, meskipun gua Phong Nha pernah sekali waktu dipercaya sebagai gua terbesar di Vietnam.


Mungkin masih banyak lagi yang belum ditemukan dan masih tersembunyi di taman nasional Phong Nha-Ke Bang


Overlooking the national park in Central Vietnam


Di ambang pintu taman tampaknya sulit untuk memahami bagaimana gua besar tersebut dapat tetap tersembunyi di hutan lebat. Bagaimana rasanya mengunjungi gua-gua yang masih asli yang tidak disiapkan sebagai tempat wisata?


Inilah Gua terbesar di dunia yang berhasil tetap tersembunyi selama ini, Hang Son doong memiliki hutan didalamnya dan gedung pencakar langit bisa muat di dalamnya juga.



Baca juga:



Source

Popular Posts