Tuesday, January 17, 2012

Hang Son Doong, Gua Terbesar di Dunia

Gua Hang Son Doong, kadang-kadang hanya disebut son doong, adalah sebuah gua di Taman Nasional Phong Nha-Ke Bang, Vietnam, yang diyakini menjadi gua terbesar di dunia yang pernah ditemukan sampai sekarang.



Gua itu ditemukan oleh seorang pria lokal bernama Ho Khanh tahun 1991- namun penduduk lokal takut untuk mengeksplorasinya karena suara suara aneh dalam gua, yang sebenarnya adalah suara yang berasal dari sungai bawah tanah. Baru pada tahun 2009 gua tersebut diketahui publik dunia ketika sekelompok ilmuwan Inggris dari British Cave Research Association, yang dipimpin oleh Howard Limbert, melakukan survei di Phong Nha-Ke Bang pada bulan April, 2009. Menurut Limbert, gua ini adalah lima kali lebih besar dari gua Phong Nha, yang sebelumnya dianggap sebagai gua terbesar di Vietnam. Ruang terbesar son doong panjangnya lebih dari lima kilometer, tinggi 200 meter dan lebar150 meter. Dengan dimensi tersebut, gua son doong menggeser posisi Gua Anak Rusa di Malaysia yang sebelumnya dijuluki gua terbesar di dunia.

A half-mile block of 40-story buildings could fit inside this lit stretch of Hang Son Doong, which may be the world's biggest subterranean passage.


Streams of light from the surface unveil stalagmites fat and thin on the floor of Hang Loong Con. Cavers called the new find the Cactus Garden.


Navigating an algae-skinned maze, expedition organizers Deb and Howard Limbert lead the way across a sculpted cavescape in Hang Son Doong. Ribs form as calcite-rich water overflows pools.

 

Like a castle on a knoll, a rock formation shines beneath a skylight in Hang Son Doong. A storm had just filled the pool, signaling that exploring season was coming to an end.




Baca Juga:






Source: National Geographic

Popular Posts