Wednesday, January 30, 2013

Gunung Es (Icebergs)

Gunung es (iceberg) lahir saat gletser kuno cantik bergemuruh, retak dan pecah, sehingga masuk akal jika "anak-anak" gletser akan sama megah dengan induknya. Icebergs datang dalam segala bentuk dan ukuran, dari yang "kecil" seukuran mobil, atau seukuran sebuah rumah, hingga gunung es yang jauh lebih besar lagi. Meskipun gunung es bisa bergaris dan datang dalam berbagai warna yang muncul saat gunung es "berguling" di atas laut, air dari gunung es sangatlah murni karena es terbentuk sejak lama.

NOAA mengatakan, "Persediaan air tawar terbesar di Bumi, jauh dari daerah kering dan padat yang membutuhkannya. Hampir 70% dari semua air tawar tersimpan dalam es di kutub. Hanya dengan gunung es-gunung es baru yang terbentuk setiap tahun disekitar Antartika, maka air yang terkandung didalamnya cukup untuk memenuhi kebutuhan setiap orang di Bumi selama beberapa bulan. Proposal lama untuk menderek gunung es ke lintang yang lebih rendah di mana air dari gunung es yang berharga dapat dipanen banyak mendapat cemoohan dan dukungan. Sampai saat ini, tidak ada upaya yang berhasil melakukan proposal tersebut.

Sekitar 90% badan gunung es berada di dalam air, tapi di sini ada alasan-alasan mengapa fotografi gunung es begitu indah..

Merasa kecil di Greenland, perahu kecil di samping gunung es besar-besar dan megah. National Snow and Ice Data Center (NSIDC)  berkata, "Istilah gunung es (Iceberg) mengacu pada bongkahan es yang ukurannya lebih besar dari 5 meter (16 kaki). Gunung es yang lebih kecil, yang dikenal sebagai bergy  bit dan growlers, dapat sangat berbahaya bagi kapal karena mereka lebih sulit untuk terlihat. Atlantik Utara dan perairan dingin di sekitar Antartika adalah rumah bagi sebagian besar gunung es di Bumi 



Antartika - gunung es dan gletser di Neko Harbour. Kata "iceberg" berasal dari terjemahan parsial bahasa belanda yang berarti "ice mountain"



Gunung es di Jökulsárlóin yang bergaris-garis hitam. Glacier Bay National Park and Preserve service  menambahkan, "Seberapa tinggi gunung es mengapung, tergantung pada ukuran, kepadatan es, dan kerapatan air. Bergs dapat terbebani atau bahkan terendam oleh batu dan puing-puing. Sebuah gunung es yang tampak sederhana/kecil, mungkin tiba-tiba membalik/berguling dan lebih besar - gunung es yang berguling inilah yang membahayakan kapal kecil. Pelaut dan terutama kayakers harus diingatkan bahwa apa yang mereka lihat dipermukaan 'hanyalah puncak dari gunung es" 



 Gunung es yang terdampar saat matahari terbit di Hudson Bay, Churchill, Manitoba



Saluran air yang mencair di lapisan es Greenland. Asisten lapangan EIS, Adam LeWinter, berdiri  pada tepi Birthday Canyon, diatas fitur yang disebut "Moab". Foto ini diambil pada bulan Juli 2009. Deposit hitam di bawah saluran adalah cryoconite. Birthday Canyon memiliki kedalaman sekitar 150 meter. Menurut Telegraph, Dr Tad Pfeffer, seorang glaciologist dan fotografer James Balog, dari Extreme Ice Survey, memiliki foto-foto dan video yang menunjukkan "Bahwa iklim berubah karena pemanasan global kini tak terbantahkan dan sah secara ilmiah. Anda tidak dapat berdebat dengan bukti fotografi bahwa gletser di Greenland yang selama ini surut delapan mil dalam 100 tahun, kini telah menyusut sembilan mil lebih jauh hanya dalam 10 tahun terakhir"Seperti yang terlihat di bawah ini., Ada juga sebuah film dokumenter yang disebut Chasing Ice.




Chasing Ice disutradarai oleh Jeff Orlowski, cinematographer untuk Extreme Ice Survey, dan pembuat film pemenang penghargaan. Menangkap peristiwa CALVING terbesar di dunia dan dahsyatnya kelahiran gunung es besar. Calving merupakan bentuk ablasi es atau gangguan es. Ini adalah peristiwa pelepasan atau pemisahan secara tiba-tiba massa es dari gletser, gunung es atau bongkahan es. Es yang terlepas dapat diklasifikasikan sebagai gunung es, tetapi juga mungkin growler, atau bergy bila kecil.



Gunung es Antartica, Atas dan Bawah. NOAA mengatakan, "Persediaan air tawar terbesar di Bumi, jauh dari daerah kering dan padat yang membutuhkannya. Hampir 70% dari semua air tawar tersimpan dalam es di kutub. Hanya dengan gunung es-gunung es baru yang terbentuk setiap tahun disekitar Antartika, maka air yang terkandung didalamnya cukup untuk memenuhi kebutuhan setiap orang di Bumi selama beberapa bulan. Proposal lama untuk menderek gunung es ke lintang yang lebih rendah di mana air dari gunung es yang berharga dapat dipanen banyak mendapat cemoohan dan dukungan. Sampai saat ini, tidak ada upaya yang berhasil melakukan proposal tersebut. Air gunung es ini air yang sangat murni, karena sebagian besar es terbentuk sebelum Revolusi Industri.



 Paus humpback sedang meniup air ke udara di sebelah gunung es di Greenland.



 Kapal Layar dilihat melalui gua gunung es besar.



Kuburan gunung es di Antartika. Dijuluki kuburan karena banyak gunung es yang mati di sana. 



Iceberg Interior. 



Anjing laut pada gunung es di selat Gerlache, Andvord Bay.



Gunung es berwarna giok dan bergaris. "Ketika air laut pada kedalaman lebih dari 1.200 kaki membeku pada bagian bawah rak es raksasa seperti rak es Amery di Timur Antartika, maka akan terbentuk 'marine ice.' Ini adalah massa es raksasa yang terlepas dari rak es, membuat gunung es. Ketika gunung es ini membalikkan tubuhnya, bagian bawah yang berwarna giok pun terungkap. Warna menakjubkan ini adalah hasil dari bahan organik terlarut dalam air laut pada kedalaman tersebut. Gunung es Hijau jarang terlihat karena mereka menghijau di dalam air. Hanya ketika mereka terbalik, dimana itu adalah peristiwa langka, maka daerah kaya warna dapat dilihat sebelum mereka meleleh. Gunung es yang bergaris, bahkan mungkin lebih langka daripada gunung es giok,





Apa yang Anda lihat? Sebuah pohon, jamur, atau hanya sepotong besar es? Gunung es cenderung berkisar dari sekitar 3,3-246 kaki di atas permukaan laut dan berat 100.000 sampai 200.000 metrik ton. Gunung es terkecil sekitar ukuran sebuah mobil dan disebut growlers. Bit Bergy adalah terkecil berikutnya dan berukuran sebuah rumah kecil. Setelah itu, gunung es hanya disebut kecil, menengah, besar atau sangat besar. 



Foto ini diambil pada tanggal 6 November 2009 di tempat yang misterius tanpa nama." Hanya sekitar 1/9 dari volume gunung es berada di atas air. 



video
Iceberg Flips Over: "Sebuah gunung es raksasa yang membalik di tengah laut. Ini ada hubungannya dengan es yang menjadi kurang padat dibandingkan air dan ketika es di atas permukaan mulai mencair, jumlah yang lebih besar dari es di bawah permukaan ingin mengapung dan menyebabkan gunung es membalik.



Gunung es dengan sekelompok penguin Adelie yang sedang beristirahat. Gunung es terdiri dari es biru, menunjukkan bahwa ini adalah es yang sangat tua dari bagian yang lebih dalam dari lapisan es Antartika. Gambar diambil di bagian utara dari Laut Weddell, Southern Ocean, Antartika. 



Aerial view dari gunung es di Cape York, Greenland



Gunung es di selat Gerlache. The US National Ice Center memiliki database Posisi Gunung es Antartika. Database gunung es belahan bumi selatan ini diperbarui mingguan dengan informasi gunung es terbaru yang diposting setiap hari Jumat sekitar 1200an. Harap dicatat bahwa ada kalanya citra tidak tersedia di daerah gunung es yang spesifik dalam satu minggu dan informasi tidak dapat diperbarui. Setiap gunung es dilacak, dan ketika citra tersedia, informasi diperbarui dan diposting 



"Ketika gunung es mencapai perairan hangat, iklim baru menyerang dari semua pihak. Di permukaan gunung es, udara hangat mencairkan salju dan es ke dalam kolam yang disebut melt pond yang bisa merembes melalui gunung es dan memperlebar keretakan. Pada saat yang sama, air hangat di tepi gunung es, mencairkan es dan menyebabkan bongkahan es terlepas. Pada bagian bawah, air hangat mencairkan gunung es dari bawah ke atas, "tulis National Snow and Ice Data Center. "Gunung es dapat berkembang menjadi berbagai bentuk karena mereka pecah." 



Uummannaq, North Greenland, rumah yang menghadap gunung es di musim panas. 





Tsunami Greenland - Tsunami Groelândia 1995. Difilmkan oleh penduduk setempat, rekaman ini menunjukkan gelombang tsunami kecil yang dihasilkan oleh calving gunung es ke laut. Gelombang kecil pada awalnya namun lama kelamaan membesar dalam ukuran, menabrak pantai yang terdekat di mana perahu nelayan terlemparkan dan rusak terpisah.




GletserPerito Moreno yang terlihat dari tepi Lago Argentino. Fotografer menulis, "Setiap beberapa menit, Anda bisa mendengar pecahan es raksasa membelah dan jatuh ke danau di bawah ini."



Gunung es dan laut, terlihat tenang, namun sebenarnya gunung es sering tak terduga.



Kelahiran sebuah gunung es. Fotografer menulis, "Di dekat gletser Upsala ... El Calafate, Argentina, perahu kami baru saja melewati gunung es besar ini, ketika saya mendengar ledakan keras dan suara retak, kejadian berikut adalah ... momen spektakuler!"




BERSAMBUNG KE GUNUNG ES II dengan foto-foto dan video yang lebih indah dan unik ...



Baca Juga:




Popular Posts