Tuesday, April 16, 2013

Candiru - Ikan Vampir dari Brazil

Di antara banyak legenda makhluk aneh dan berbahaya yang menghantui hutan hujan Amazon, Candiru adalah yang paling ditakuti, bahkan lebih ditakuti dari piranha. Spesies ini berukuran hanya sekitar satu inci panjangnya, berbentuk seperti belut dan tembus pandang sehingga sulit dilihat di air. Candiru adalah sejenis parasit. Ia biasanya masuk ke celah-celah insang ikan lain, mengeluarkan tulang belakangnya untuk ditancapkan, sehingga ia bisa bertahan disana dan meminum darah di insang, sehingga dijuluki "Ikan Vampir dari Brazil"..



Candiru (Vandellia cirrhosa) adalah catfish (sejenis lele) kecil yang juga konon menurut legenda dapat memasuki lubang urine orang yang sedang buang air kecil di dalam air sungai Amazon. Ikan ini mengira air urin adalah air urea yang dikeluarkan dari insang ikan tempat dia mengisap darah, sehingga candiru pun akan berenang masuk ke lubang urin yang dia sangka adalah insang seekor ikan.


Tentu saja masuknya ikan ini ke lubang urin akan membuat rasa sakit yang sangat ekstrim pada alat kelamin orang yang kurang beruntung. Belum lagi duri di kepalanya yang ditancapkan di dalam alat kelamin akan membuat ikan ini sangat sulit untuk dikeluarkan dan amputasi kadang-kadang adalah satu-satunya tindakan yang bisa diambil....  Huuaaaa !!!

video

Pengobatan tradisional adalah dengan dua tanaman, Xagua (Genipa americana) dan apel Buitach yang dimasukkan ke daerah yang terkena. Kedua tanaman ini akan membunuh dan melarutkan ikan tersebut. Lebih sering, infeksi menyebabkan shock dan kematian korban sebelum candirĂº dapat diambil.


Nah, itu menurut legenda. Pada kenyataannya, hasil penelitian ilmiah menunjukkan bahwa banyak bagian dari legenda ini yang tidak benar. Karena kini diketahui bahwa ikan ini tidak berburu dengan mendeteksi urea, tetapi dengan penglihatannya.

Meskipun banyak catatan serangan candiru pada manusia yang sedang buang air di sungai di beberapa daerah Amazon, namun hanya satu kasus yang terjadi belum lama ini yang benar-benar valid, yaitu kasus yang terjadi tahun 1997 saat seseorang pria berusia 23 tahun yang buang air di sungai setinggi paha, dan tiba-tiba kemasukan oleh candiru.

Jeremy Wade, seorang ahli biologi Inggris, menyelidiki insiden ini untuk Discovery Channel's River Monsters. Korban menjalani operasi urologi dua jam untuk pengambilan Candiru tersebut. Dr D. Scott Smith, Kepala Penyakit Infeksi di Kaiser Permanente, menggambarkan bahwa hewan yang masuk ke dalam saluran kencing pemuda itu adalah hewan yang memiliki sesuatu seperti paku untuk membantunya berpegangan pada inangnya.



Yang diketahui tentang Candiru adalah bahwa ada beberapa macam jenis catfish kecil yang ada di perairan lembah Amazon yang diberi nama sama yaitu Candiru (dari bahasa Tupi). Bentuk mereka memang agak mirip dan sama-sama pemakan darah dari jenis ikan lainnya. Candiru berenang masuk ke insang ikan yang lebih besar dan memakan darah inang mereka selama satu menit atau lebih sebelum mereka berenang keluar untuk mencerna makanan mereka.


Candiru juga pernah disinggung di salah satu episode film serial Grey's Anatomy. Lain kali kalau anda pergi ke hutan hujan Amazon, janganlah berenang di sungainya dalam keadaan telanjang ....








Source: wikipedia

Popular Posts