Wednesday, May 8, 2013

Gerhana Matahari 10 Mei 2013 dan 9 Maret 2016

Seperti yang sudah kita ketahui, Gerhana Matahari Cincin akan terjadi tanggal 10 Mei 2013 besok. Namun di Indonesia tidak terlihat sebagai Gerhana Cincin. Di kota-kota Indonesia hanya terlihat sebagai Gerhana Matahari Sebagian. Seperti dibawah ini.



Hal ini karena jalur gerhana matahari cincin tidak tepat melewati indonesia, tetapi melewati utara Australia dan Samudera Pasifik Selatan.

Peta ini menunjukkan jalur gerhana matahari annular tanggal 10 Mei 2013. Batas-batas jalur utara dan selatan ditandai dengan garis biru dan garis tengah berwarna merah. Garis kuning yang memalang menunjukkan posisi gerhana maksimum pada interval 10 menit.


Walaupun tidak terlihat sebagai cincin, namun saat inilah merupakan saat yang langka yang bisa dinikmati, yaitu sebuah keajaiban alam ketika Bulan menutupi Matahari. Jangan lupa untuk melihat gerhana matahari secara aman.

Dibawah ini tabel waktu untuk melihat Gerhana Matahari Sebagian di kota-kota di Indonesia :
Keterangan: (sumber BMKG)
: Matahari masih di bawah horizon (belum terbit) pada saat fase gerhana tersebut berlangsung di kota bersangkutan.

______________________________________________________________________________________________________

Mengapa terjadi Gerhana Matahari Cincin?
Tidak setiap gerhana Matahari adalah gerhana total. Kadang Bulan terlalu kecil untuk menutupi seluruh disk matahari.Mengapa?


Untuk mengerti mengapa, kita perlu bicara tentang orbit Bulan mengelilingi bumi.Orbit bulan tidak bulat sempurna tapi oval atau berbentuk elips. Saat Bulan mengorbit planet kita, jaraknya bervariasi dari sekitar 221.000 sampai 252.000 mil. Variasi ini berkisar 13% dari ukuran nyata Bulan di langit kita.

Saat Bulan berada di sisi dekat orbitnya, Bulan tampak lebih besar dari Matahari. Jika gerhana terjadi pada saat itu, itu akan menjadi gerhana total. Namun, jika gerhana terjadi saat Bulan berada di sisi yang jauh dari orbitnya, Bulan muncul lebih kecil dari Matahari dan tidak bisa sepenuhnya menutupi matahari.

Melihat ke bawah dari ruang angkasa, kita akan melihat bahwa bayangan umbral Bulan tidak cukup panjang untuk mencapai Bumi. Sebaliknya, bayangan antumbra mencapai Bumi.
______________________________________________________________________________________________________

Bagi yang belum berkesempatan menyaksikan gerhana sebelumnya, Insya Allah tahun 2016 bisa menikmatinya. Karena menurut perhitungan akan ada Gerhana Matahari Total – GMT melewati kota-kota besar Indonesia.

Pada tanggal 9 Maret 2016. kota-kota di Indonesia dibawah ini akan dilewati gerhana matahari total.


Kota-kota yang akan dilewati gerhana matahari total (GMT) pada tanggal 9 Maret 2016 nanti adalah Pekanbaru, Palangkaraya, Banjarmasih, Balikpapan, Palu, Suasu, Bolaang, Poh, Ternate dan Kobe (Halmahera).

Untuk membayangkannya silahkan tengok animasi peta daerah mana saja yg akan mengalami gerhana matahari total ini bisa dilihat dibawah ini.


Gerhana matahari total tahun 2016 memang akan menarik untuk menjadi pengamatan. Selain adanya keindahan dibalik keanehan, sesuatu yang jarang terjadi. Maka ingat-ingatlah tanggal ini dan pesan tempat di hotel-hotel dimana gerhana matahari ini akan terjadi ...


Selamat Menyaksikan ....

Dibawah ini adalah lintasan-lintasan Gerhana Matahari selama 50 tahun, dari tahun 2010 hingga tahun 2060. Terlihat bahwa Gerhana akan melintasi wilayah Indonesia dalam rentang 60 tahun itu sebanyak empat kali, yaitu tahun 2016, 2023, 2042 dan 2049.
Klik gambar utk memperbesar

______________________________________________________________________________________________________
UPDATE 16 Mei 2013
Inilah Video gerhana Annular tgl 10 Mei 2013, Pilbara, Australia Barat. Efek atmosfer membuat matahari dan bulan terlihat gepeng ...

video


Hanya delapan menit setelah matahari terbit, pekan lalu, tiba-tiba sudah ada empat benda di depan Matahari. Yang terbesar dan paling menonjol adalah Bulan, menutupi sebagian besar dari bagian bawah Matahari saat bergerak melintasinya, gambar ini terlihat dari Fremantle, Australia.

Sesuai yang diharapkan karena gambar ini diambil selama gerhana matahari sebagian – gerhana yang meninggalkan sebagian cahaya tetap bersinar di sekitar sisi Bulan dari beberapa lokasi. Selanjutnya, sekelompok awan membagi Matahari secara horizontal sambil menunjukkan struktur internal vertikal yang menarik.

Benda peng-intervensi ketiga mungkin adalah atmosfer bumi, karena kecerahan Matahari meredup di ketinggian yang lebih tinggi, sementara fluktuasi kepadatan menyebabkan tepi Matahari terlihat berkilau.

Meski paling dekat dengan fotografer, benda keempat yang bisa diharapkan menyembunyikan Matahari adalah pesawat terbang. Sangat mungkin, penumpang di kedua sisi pesawat yang merenungkan pandangan yang tidak biasa yang hanya terlihat dari jendela yang


______________________________________________________________________________________________________


Foto ini diambil dinihari tadi oleh fotografer Geoffrey Sims, di sekitar 200 kilometer (120 mil) dari Newman, Australia Barat.







Source

Popular Posts