Wednesday, May 23, 2012

Planet Luar Surya Gliese 876d

Pernah nonton film The Chronicles of Riddick? Dimana sang jagoan yang bernama Riddick (Vin Diesel) dibawa ke penjara di planet tak berpenghuni, Crematoria, yang dingin membeku jika malam dan panas membakar di siang hari. Tampaknya kisah di film fiksi ini mungkin benar benar terjadi di planet Gliese 876d.



Perbedaan siang dan malam planet fiksi Crematoria dalam film

Matahari terbit di Crematoria


Di planet Gliese 876d, matahari terbit bisa sangat berbahaya. Meskipun tidak ada yang benar-benar tahu kondisi seperti apa yang terjadi di planet yang mengorbit di dekat bintang katai merah Gliese 876 ini.


Ilustrasi artistik di atas memberikan satu kesan. Dengan orbit sedekat Merkurius ke matahari dan memiliki massa beberapa kali massa Bumi, planet Gliese 876d mungkin berotasi sangat lambat sehingga perbedaan siang dan malamnya sangat dramatis. Gliese 876d yang di gambarkan diatas menunjukkan aktivitas vulkanik yang signifikan, mungkin disebabkan oleh pasang gravitasi dan pemanasan internal dari planet ini, dan mungkin lebih tidak stabil saat di siang hari. Bintang katai merah yang terbit memperlihatkan aktivitas magnetis bintang yaitu prominences yang dramatis dan dahsyat. Di langit di atas, bulan hipotetis memiliki atmosfer tipis yang tertiup pergi oleh "angin bintang" dari katai merah. Gliese 876d menggairahkan imajinasi sebagian karena merupakan salah satu dari beberapa planet ekstrasurya yang dikenal di atau dekat zona layak huni bintang induknya.

Gambaran artis ini menunjukkan planet Gliese 876d juga memiliki lautan Lava

Tatasurya Gliese 876

Baca juga postingan sebelumnya tentang:
Eksoplanet-Eksoplanet Unik yang Diketahui I
Eksoplanet-Eksoplanet Unik yang Diketahui II
Jenis Jenis Eksoplanet





0 comments:

Popular Posts