Sunday, June 30, 2013

Dettifoss - Air Terjun Prometheus

Pernah menonton film Prometheus? Diawal film kita melihat sebuah piring terbang melayang diatas air terjun dan seorang alien terbentuk di dekat air terjun yang bergelora tersebut. Air terjun tersebut benar-benar nyata, bukan animasi. bahkan air terjun tersebut adalah air terjun yang paling kuat di eropa yang bernama air terjun Dettifoss ...


Adegan di Film Prometheus
Air terjun Dettifoss terletak di Taman Nasional Vatnajökull di timur laut Islandia, dan terkenal sebagai air terjun yang paling kuat di Eropa. Dettifoss juga merupakan air terjun terbesar di Eropa dalam hal debit volume, memiliki aliran air rata-rata dari 193 meter kubik per detik. Volumenya sering meningkat, terutama ketika cuaca atau aktivitas vulkanik menyebabkan pencairan glasial pada  gletser es Vatnajokull. Air terjun ini begitu kuat sehingga membuat batu sekitarnya bergetar, getarannya dapat dirasakan dengan tangan.


Dettifoss terletak di sungai Jökulsá á Fjöllum, yang mengalir dari gletser Vatnajökull dan mengumpulkan air dari area yang luas di Timur Laut Islandia. Musim gugur lebarnya sekitar 100 meter dan air jatuh dari ketinggian 45 meter ke canyon Jökulsárgljúfur.

Karena air terjun Dettifoss meluncur ke canyon, maka Dettifoss agak tertutup oleh tebing di kedua sisi. Dari barat, wajah penuh air terjun dapat dilihat, dan dengan sedikit berjalan kaki akan menempatkan Anda di atas bendungan lava dan garis patahan, yang bertanggung jawab untuk lokasi air terjun itu. Air sungai hampir selalu keruh dengan sedimen, berbeda dengan air terjun pada umumnya. Selama banjir sungai dan air terjun sering berwarna hampir hitam karena penuh dengan sedimen dan puing-puing.


Air terjun Dettifoss yang perkasa disertai oleh dua air terjun besar lainnya. Selfoss sekitar satu kilometer sedikit ke selatan dan Hafragilsfoss beberapa kilometer di utara. Sangat dimungkinkan untuk mencapai air terjun dari kedua sisi sungai glasial Jökulsá, tapi kita harus berhati-hati ketika melintasi medan yang berat dengan berjalan kaki. Di tepi barat tidak ada fasilitas dan pandangan ke air terjun agak terhalang oleh semprotan air terjun itu. Di tepi timur ada panel informasi yang dikelola oleh staf Vatnajökull National Park (Vatnajökulsþjóðgarður) dan trek yang terawat melihat air terjun dengan sudut pandang terbaik.

Dettifoss muncul di adegan pembukaan 2012 film fiksi ilmiah Prometheus. Sejak itu, beberapa orang telah menyebutnya "Air terjun Prometheus".







video



Baca Juga:





Source

Popular Posts