Saturday, November 16, 2013

Letusan Gunung Sinabung di Akhir 2013

Letusan Sinabung terus intensif selama seminggu terakhir. Awan abu vulkanik yang dilontarkan dari ledakan salah satu gunung berapi di Indonesia ini telah melampaui 5-7 km. Semua aktivitas ini telah menyebabkan lebih dari 5.300 orang harus diungsikan dari daerah sekitar gunung sinabung, dan masa evakuasi diperpanjang.


Gunung Sinabung memuntahkan awan piroklastik (awan yang menuruni lereng) seperti yang terlihat dari desa Tigapancur di Kabupaten Karo pada tanggal 14 November tahun 2013 di Medan, Sumatra, Indonesia. Sampai saat ini 5.300 warga telah dievakuasi dari lima desa di Sumatera Utara karena letusan vulkanik Gunung Sinabung. Gunung Sinabung telah meletus selama beberapa hari, memuntahkan abu dan lava 5-7 km ke langit.

Selain itu, lahan pertanian di sekitar Gunung Sinabung telah rusak berat akibat jatuhnya abu yang bagai hujan. Letusan ini juga telah mulai memproduksi aliran piroklastik kecil (lihat gambar diatas) yang bergerak menuruni lereng gunung, sehingga zona eksklusi 5 km dapat berkembang jika ancaman ini terus tumbuh. Aliran piroklastik ini telah menuruni lereng hingga sejauh ~ 1,2 km. Beberapa lahar juga telah dihasilkan dari letusan.

Pada foto diatas, kita dapat melihat tambahan aliran piroklastik kecil di sisi-sisi gunung sinabung, kemungkinan disebabkan oleh bagian-bagian dari kolom runtuh. Juga, perhatikan jatuhnya abu di sisi kiri. Awan debu vulkanik ini menjulang tinggi, tapi tidak terlalu tinggi (kita dapat melihatnya menyebar lateral di bagian paling atas dari gambar), jadi ketinggian abu vulkanik ini masih dalam kisaran 5-7 km. Apa yang hebat tentang gambar ini adalah kita benar-benar bisa melihat potongan-potongan dari suatu kolom letusan. Tepat pada ventilasi (lubang abu), kolom tersebut dipaksa keluar pada kecepatan tinggi hanya melalui dorong gas dari tercerai berainya magma. Semakin tinggi abu vulkanik terbang (meningkatnya buoyancy atau daya apung), maka zona konveksinya akan melambat dengan cepat, tapi abu akan terus naik karena panas (dan memiliki beberapa momentum). Akhirnya mencapai titik apung netral di mana abu vulkanik ini berhenti bergerak keatas dan sebagian besar bergerak menyebar secara horisontal membentuk daerah payung. Dalam gambar ini, kawasan payung terpotong di bagian atas gambar.

Skema representasi dari kolom letusan Sinabung menunjukkan beberapa fitur letusan utama

Dibawah ini adalah video Letusan Gunung Sinabung 11 November 2013
video

Subhanallah



Baca Juga:







Source

Popular Posts