Thursday, February 13, 2014

Gagak yang Sanggup Menemukan Solusi

Beberapa hari yang lau, AMJG menyajikan postingan yang terkait dengan kecerdasan burung Gagak. Burung ini memang sudah dikenal memiliki kecerdasan, dan dalam postingan kali ini AMJG menyajikan lagi salah satu bukti yang luarbiasa mengenai kecerdasan burung yang mengajari manusia cara mengubur ini ....



James Bond memang dikenal karena kemampuannya untuk berbuat yang terbaik di situasi yang buruk, tapi burung gagak yang diberi nama 007 juga telah terbukti dapat menemukan pemecahan/solusi dari sebuah masalah. Ya, burung gagak memang burung paling cerdas dari semua burung.

Gagak 007 memang telah memecahkan salah satu tes untuk hewan yang paling kompleks yang pernah dibuat. Dan hebatnya, 007 melakukannya dalam waktu kurang dari tiga menit.

Gagak liar ini memang belajar untuk menggunakan alat peraga individu selama tiga bulan masa penangkarannya, setelah itu dia diberi suatu tantangan, yaitu berupa daging makanannya yang tidak dapat langsung dia ambil dengan paruhnya. Dia harus melakukan secara berurutan dengan menggunakan stick (tongkat kecil) untuk menyelesaikan tantangan ini, dan mendapatkan daging makanannya.

Percobaan, yang dirancang oleh Dr Alex Taylor, Dosen Psikologi Evolusioner di University of Auckland, Selandia Baru ini, di tayangkan di BBC dalam acara Inside the Animal Mind - Problem Solvers.

Dan Gagak James Bond 007 menyelesaikan puzzle delapan tahap ini dalam waktu sekitar dua setengah menit.

Inilah Puzzle 8 Tahap yang diselesaikan 007 hanya dalam waktu 2,5 menit

Awalnya 007 terlihat melihat-lihat situasi, dan segera dia menuju ke tahap pertama. Pertama gagak ini menarik tali yang terpasang di cabang tempat ia bertengger untuk mencapai tongkat pendek menggantung pada tali. Gagak mengambil tongkat pendek dengan paruhnya dan tahap pertama selesai.

007 kemudian segera berjalan ke wadah yang sempit dimana daging terletak dan mencoba untuk menggunakan tongkat untuk meraihnya - tapi gagal karena tongkat itu terlalu pendek.

Burung ini terus membawa tongkat dan berjalan menuju kotak pertama dari tiga kotak yang ada, yang masing-masing berisi batu di balik jeruji kayu, yang tidak terjangkau dengan paruh.

007 kemudian menggunakan tongkat pendek itu untuk menyeret batu dari kotak pertama dan setelah terjangkau dengan paruhnya, ia mengambilnya, begitu juga dia lakukan pada kotak kedua. Tapi kemudian ia tampak bingung apa yang harus dilakukan dengan dua batu itu.

Namun, tak lama kemudian 007 telah mengetahui bahwa batu-batu itu dapat digunakan untuk mengambil sebuah tongkat yang lebih panjang dari tongkatnya sekarang, dan ia mencobanya dengan membawa sebuah batu lalu dia masukkan kedalam wadah perspex yang dibawahnya terdapat tongkat panjang. Ya, ia langsung mengerti bahwa diperlukan tiga buah batu untuk mengambil tongkat panjang, sehingga dia langsung menuju ke kotak ketiga mengambil batu yang ketiga.

Setelah dia memasukkan ketiga batu ke wadah perspex, berat ketiga batu itu mendorong kompartemen, yang memungkinkan burung gagak untuk mengambil tongkat panjang dengan paruhnya.

Berbekal tongkat panjang, burung gagak segera menggunakannya untuk mengambil daging yang terletak pada kotak sempit. Dan selesailah tantangan tersebut!

Dan Inilah Videonya
video

Burung pintar ini berhasil karena kerja keras dan ketangkasan mental dalam menyelesaikan rangkaian delapan tantangan.

Presenter program Wildlife Chris Packham, yang menyajikan program ini mengatakan: "Ini luar biasa! Saya belum pernah melihat hewan secerdas ini. Dari semua perilaku burung yang pernah saya lihat, tidak ada yang bisa menyamai kecerdasan gagak ini.

Al Quran juga menceritakan bahwa penguburan pertama yang dilakukan oleh manusia diajarkan oleh seekor burung gagak:

Kemudian Allah menyuruh seekor burung gagak menggali-gali di bumi untuk memperlihatkan kepadanya (Qabil) bagaimana seharusnya menguburkan mayat saudaranya. Berkata Qabil: "Aduhai celaka aku, mengapa aku tidak mampu berbuat seperti burung gagak ini, lalu aku dapat menguburkan mayat saudaraku ini?" Karena itu jadilah dia seorang diantara orang-orang yang menyesal. (QS 5:31)

Apa yang dapat kita ambil dari ayat diatas adalah bahwa manusia memang seharusnya mengambil pelajaran dari alam dan jangan segan-segan mengambil pelajaran dari yang kita pikir/kira lebih rendah tingkatan pengetahuannya dari kita. Itulah arti sebenarnya dari pepatah minang Alam Takambang Jadi Guru ... 


Bagi yang belum membaca postingan terdahulu mengenai kecerdasan burung gagak, silahkan baca disini: Terungkapnya Misteri Ribuan Kodok yang Meledak.


Baca Juga:






Source: dailymail.co.uk

Popular Posts