Thursday, July 24, 2014

Ilusi Gerak Lurus yang Berputar

Dibawah ini adalah gambar animasi gif yang menarik. Kita melihat lingkaran delapan titik berputar di sekitar dalam lingkaran yang lebih besar, kan?



Namun sebenarnya Tidak. masing-masing titik putih individu bergerak dalam garis lurus! Kuncinya di sini adalah dua hal: Salah satunya adalah bahwa titik-titik tidak bergerak pada kecepatan konstan (Anda dapat melihat dalam video pada detik 0:44), dan kombinasi gerakan mereka menyebabkan kita melihatnya sebagai sebuah lingkaran kecil yang berguling-guling di dalam lingkaran yang besar.

Saat kita melihat animasi awal diatas kita tidak bisa membuat otak kita melihat titik-titik bergerak secara linear; sepertinya hanya lingkaran yang bergulir. Jika saya fokus pada salah satu titik, kita bisa melihatnya bergerak bolak-balik sepanjang garis, tapi yang lain masih terlihat seperti tepi lingkaran yang berguling-guling. Bagi sebagian besar ilusi, saat ketika otak kita dapat melihat apa yang terjadi maka ilusi akan hancur, tapi tidak dengan ilusi yang satu ini.



Atau lihat video ini yang juga menunjukkan penambahan titik-titik putih satu persatu
video

Begitulah cara ilusi ini bekerja. Gerakan mereka secara keseluruhan menipu mata dan otak kita sehingga kita berpikir titik-titik tersebut bertindak bersama-sama, menggambarkan tepi lingkaran. Tapi sebenarnya mereka tidak; gerakan mereka terkait tetapi independen satu sama lain (inilah yang disebut "parametrik" dalam matematika).

Dan seperti di akhir postingan-postingan AMJG tentang ilusi lainnya, postingan ini juga diakhiri dengan kesimpulan bahwa apa yang kita lihat belum tentu adalah apa yang sebenarnya terjadi. Otak kita sangat mudah tertipu, dan itu sangat penting untuk kita camkan dalam hidup ...


Baca Juga:




Popular Posts