Saturday, April 20, 2013

Gambar Horsehead Nebula Terbaru dari Hubble

Pada tanggal 24 April 1990, Hubble Space Telescope diluncurkan ke orbit, dalam perjalanan untuk merevolusi astronomi. Minggu ini menandai ulang tahun ke-23 dari peristiwa itu, dan untuk memperingatinya, astronom merilis gambar nebula Horsehead (kepala kuda) terbaru yang Sangat Lebih Menakjubkan dari gambar nebula Horsehead yang selama ini kita kenal. Nebula kepala kuda adalah awan raksasa yang padat akan gas dan debu di Orion. Lihatlah gambar terbarunya di bawah ini:


Gambar Horsehead nebula terbaru dari Hubble
Subhanallah! Ini tidak hanya indah, tapi juga agak terasa aneh. Karena kita tidak pernah melihat horsehead nebula seperti gambar diatas.


Pandangan yang biasa kita lihat
dari Horsehead dalam cahaya tampak
terlihat sedikit berbeda dari
gambar terbarunya
Horsehead nebula biasanya kita lihat berpose di punggung lembaran gas hidrogen cerah, biasanya terlihat sebagai lembaran bersinar merah muda. Karena Horsehead dipenuhi debu, maka tampak gelap, karena memblok cahaya dari belakangnya. Kita biasa melihatnya dalam siluet, gelap dengan latar belakang terang.


Tapi gambar terbaru dari Hubble adalah di panjang gelombang inframerah. Cahaya inframerah, di luar dari apa yang mata kita dapat melihat, lebih mampu menembus debu. Pada gambar Hubble terbaru, kita melihat lebih jauh ke dalam Horsehead, melihat detil di dalam awan.




Jadi apa yang kita lihat? Bagian atas dari gambar Hubble terbaru (diluar gambar pertama) adalah sistem bintang terang Sigma Orionis, terdiri dari lima bintang yang sangat bercahaya. Jika dikombinasikan, mereka bersinar dengan kekuatan lebih dari 75.000 matahari! Mereka bertanggung jawab untuk pemanasan dan eksitasi gas dibelakang Horsehead.

Sigma Orionis terlihat pada gambar komposit ini, cahaya terang diatas Horsehead nebula
Horsehead sendiri adalah situs pembentukan formasi bintang yang sedang berlangsung. Gas padat dan debu di dalam nebula runtuh untuk membentuk bintang, dan, pada saat yang sama, tepi-tepinya terkikis oleh sinar ultraviolet yang terpancar dari Sigma Orionis. Bagian atas Horsehead bertindak seperti perisai, melindungi material di bawahnya, dan itulah mengapa bentuknya mirip payung. Kita juga dapat melihat pilar-pilar material debu yang lebih terpahat di sekitar sisi-sisinya, seperti sandbar (gosong pasir) di sungai. Ini cukup khas dalam situasi seperti ini.

Jadi Horsehead semakin hancur dari atas oleh Sigma Orionis, yang perlahan-lahan membubarkan nebula, menyapu awan-awan debu yang Akhirnya akan hilang, tapi itu akan memakan waktu beberapa juta tahun. Dan yang tertinggal setelah awan-awan debu tersingkap, adalah sekelompok bintang-bintang muda yang bersinar terang, dan cahaya mereka bebas terpancar menyeberangi kosmos.

Ini semua bagian dari siklus alami dari alam semesta: Struktur-struktur datang dan pergi, awan-awan gas dan debu akan melahirkan bintang-bintang dari material mereka, dan kemudian bintang-bintang yang mereka lahirkan akan mengambil alih tempat mereka dan akhirnya menghancurkan mereka ... Tapi banyak dari bintang-bintang tersebut pada akhirnya akan meledak dan melontarkan material-material mereka, untuk membentuk awan debu dan gas yang lebih kaya elemen dan kemudian akan membantu menciptakan generasi bintang-bintang berikutnya. Kita sebenarnya berutang kepada mereka, karena keberadaan fisik kita berasal dari mereka, yaitu beberapa nebula yang telah lama lenyap seperti Horsehead dan kepada bintang-bintang yang telah lenyap sebelum nebula tersebut lenyap.

Jadi hargailah keindahan Horsehead saat kita masih dapat menyaksikannya, dan kepada apa yang ditinggalkannya saat dia lenyap.

_____________________________________________________________________________________________________

Gabungan data gambar dari teleskop masif VISTA dan teleskop Hubble Space digunakan untuk membuat perspektif yang luas dari pemandangan antar bintang di sekitar Nebula Horsehead yang terkenal. Diambil pada near-infrared gelombang panjang, daerah awan molekular berdebu terbentang di seluruh scene yang mencakup sudut sekitar dua-pertiga ukuran dari Bulan Purnama di langit.

Dari kiri ke kanan, frame tersebut terbentang lebih dari 10 tahun cahaya di estimasi jarak Horsehead yang berada 1,600 tahun cahaya jauhnya. Juga dikenal dengan Barnard 33, Nebula Horsehead yang masih dapat dikenali berada di kanan atas, yaitu sinar nyaris-inframerah dari pilar berdebu yang diatapi oleh bintang-bintang baru lahir. Di bawah dan kiri, refleksi terang dari nebula NGC 2023 itu sendiri adalah daerah yang diterangi oleh bintang muda yang panas. Awan padat di bawah dasar Horsehead dan di pinggiran NGC 2023 menunjukkan emisi tanda merah jauh dari jet energik, dikenal dengan obyek Herbig-Haro, juga dikaitkan dengan bintang baru lahir.
_____________________________________________________________________________________________________

Dan ini video zooming ke Nebula Kepala Kuda yang dibuat berdasarkan gambar-gambar yang telah didapat selama ini
video









Source: Hubblesite.org

Popular Posts