Wednesday, October 30, 2013

Bunga Yang Mekar Saat Terdengar Adzan

Sejak awal 2012, beredar sebuah video, yang menunjukkan bahwa ada bunga yang mekar jika terdengar suara azan. Video seperti ini jelas mendapat tanggapan yang luarbiasa dari kebanyakan muslim dan segera menyebarkannya kembali lewat youtube, jejaring sosial dan situs-situs muslim lainnya di internet. Mari kita lihat videonya dibawah ini ...



Subhanallah! Luarbiasa bukan? Sebagai muslim tentu kita sangat ingin mempercayainya, apalagi video tersebut adalah rekaman berita dari CNN, sebuah jaringan tv yang kredibilitasnya tidak diragukan.

Namun TUNGGU DULU! Jangan mudah percaya begitu saja dengan sebuah berita, meskipun berita tersebut menguntungkan atau memuji yang kita imani. Mari kita cek lagi video diatas, karena suara bisa juga dimasukkan kedalam sebuah video. Oke, setelah kita pastikan bahwa suara dalam video bukan suara yang dimasukkan belakangan (setelah gambar direkam), maka apakah benar rekaman bunga saat mekar itu ada yang diambil siang hari, sore hari dan malam hari seperti disebutkan? Nah disini kita tidak bisa yakin. Selain itu  CNN sama sekali tidak menyebutkan nama ilmiah bunga/tanaman tersebut, dan hanya menyebutkan penduduk setempat menyebutnya bunga azan, karena bunga tersebut biasanya mekar pada saat terdengar suara azan maghrib. Satu hal lagi, bunga yang diperlihatkan mekar saat terdengar suara azan juga hanya satu jenis bunga, yaitu yang berwarna kuning.

Timbul juga pertanyaan penting di benak kita, apakah jika tanaman tersebut tumbuh di tempat yang tidak pernah terdengar suara azan, maka bunga tanaman tersebut tidak akan pernah mekar?

Setelah AMJG cek dan ricek, ternyata ada genus tanaman bunga yaitu genus Oenothera (yang terdiri sekitar 145 species), yang kebanyakan spesies-spesiesnya, bunganya mekar pada sore hari. Oleh karena itu mereka sering disebut dengan nama "Evening Primrose". Dan proses mekarnya bunga-bunga mereka juga kurang dari satu menit (hanya beberapa detik) seperti video diatas. Dan hal terakhir yang meyakinkan AMJG bahwa salah satu nya memang mirip dengan bunga berwarna kuning yang ditunjukkan pada video diatas. Jadi AMJG mantap menyimpulkan bahwa bunga dalam video CNN diatas adalah jenis Evening Primrose, seperti gambar dibawah ini.


Evening primrose mekar pada senja hari dengan proses pemekaran kurang dari satu menit. Jadi kemungkinan proses mekarnya bunga ini memang bertepatan dengan azan maghrib. Nah, Maghrib menandakan peredupan intensitas cahaya sampai batas tertentu. Oleh karena itu ketika intensitas cahaya tertentu tercapai, bunga pun mekar. Percobaan dapat juga dilakukan dengan cahaya lampu. Jadi bunga ini responnya hanya pada intensitas cahaya, BUKAN suara (terutama suara azan), yang saat intensitas cahaya tertentu itu dicapai azan maghrib biasanya berkumandang.

Proses mekarnya bunga tanaman genus Oenothera di sore hari
Dibawah ini adalah video mekarnya bunga tanaman genus Oenothera yang tanpa terdengar atau dilatar belakangi oleh suara Azan.

video

Ya, bunga ini tidak butuh suara azan untuk mekar! Lalu mengapa AMJG diatas menuliskan kata Subhanallah?

Bagi AMJG dan umat islam pada umumnya, tumbuhnya tanaman dan mekarnya bunga itu sendiri (tanpa harus ada embel-embel suara azan) adalah sebuah keindahan dan keajaiban yang mengagumkan hati kita sebagai mahluk. Sebab kita (manusia) tidak dapat menumbuhkan satu tanaman pun! Allah lah yang menumbuhkan tetumbuhan dan memekarkan bunga-bunga ...

Maka terangkanlah kepadaKu tentang yang kamu tanam. Kamukah yang menumbuhkannya atau Kamikah yang menumbuhkannya? Kalau Kami kehendaki, benar-benar Kami jadikan dia hancur dan kering, maka jadilah kamu heran dan tercengang. (QS 56:63-65)

Maka bertasbihlah dengan (menyebut) nama Rabbmu
Yang Maha Besar


Baca Juga:


Dari berbagai Sumber

Popular Posts