Tuesday, September 9, 2014

Video Sonic Boom dan Gelombang Kejut dari Letusan Tavurvur

Ledakan sonic biasanya diasosiasikan dengan pesawat yang melampaui batas kecepatan suara. Tapi seorang pelancong telah merekam gunung berapi yang meletus dengan kekuatan sedemikian rupa sehingga memicu ledakan sonik dan gelombang kejut yang terlihat menggulung awan di langit.



Video menunjukkan segumpal abu yang dilemparkan di udara dari Gunung Tavurvur, di Papua Nugini, diikuti oleh awan beriak yang mengesankan dan ledakan yang memekakkan telinga serta mengguncang perahu.

Ledakan Sonic adalah suara yang terkait dengan gelombang kejut yang diciptakan oleh suatu objek, atau benda, yang berjalan melalui udara lebih cepat dari kecepatan suara. Obyek seperti itu menghasilkan sejumlah besar energi suara dan suara seperti ledakan besar - seperti yang dapat didengar dalam video.




Video Gunung Tavurvur diambil oleh sopir taksi 58 tahun Phil McNamara yang naik perahu kecil pada tanggal 29 Agustus, ketika ia sedang berlibur.

Dia mengatakan kepada Brisbane Times bahwa keputusannya untuk memulai misi merekam letusan itu memang mendadak dan ia bersama beberapa orang berangkat dari pantai Kokopo untuk melihat lebih dekat pada salah satu fenomena alam yang dahsyat dan menghancurkan.

"Saya pikir, saya mungkin akan merekam sesuatu yang jarang bisa terlihat," katanya.

Tapi dia tidak mengharapkan akan adanya gelombang kejut dan tak menyadari betapa kuatnya hantamannya. Semua yang ada dalam perahu benar-benar terguncang saat gelombang kejut menghantam.

Dalam video tersebut, dapat didengar ada yang berkata: "Hati-hati gelombang kejut itu datang", sebelum gelombang kejut menghantam perahu, membuat salah seorang berseru: 'Holy smoking Toledos!"

video

Mr McNamara telah mengunjungi Mount Tavurvur beberapa hari sebelumnya ketika gunung itu tidak aktif.

Gunung berapi Tavurvur terus meletus selama beberapa hari setelah letusan difilmkan.

Tavurvur meletus setiap beberapa tahun dan pada tahun 1994, meledak di waktu yang sama dengan gunung berapi lokal lain, Mount Vulcan, yang menghancurkan dua pertiga dari kota Rabaul.


Baca Juga:





Popular Posts