Monday, January 5, 2015

Foto Komet Lovejoy yang Luarbiasa

Foto dibawah ini adalah foto komet lovejoy yang luarbiasa yang diambil oleh Gerald Rhemann pada tanggal 23 Desember 2014, di Namibia. Ini adalah mosaik empat panel yang terdiri dari foto-foto individu yang diambil dengan teleskop lapangan lebar 30 sentimeter, masing-masing dengan total eksposur sekitar 20 menit.




Komet Lovejoy, saat ini sekitar 43 juta mil dari Bumi dan diperkirakan melakukan perjalanan sekitar 15 mil per detik.

Komet pada dasarnya tumpukan batu, kerikil, dan debu yang disatukan oleh berbagai jenis es (secara umum, es air dan es karbon dioksida). Ketika mereka dekat Matahari, es berubah menjadi gas dan tertiup jauh karena tekanan dari angin matahari dan sinar matahari itu sendiri. Komet juga melepaskan banyak debu dan kerikil, yang cenderung mengikuti komet mengelilingi matahari - jika orbit bumi memotong nya, maka kita mendapatkan hujan meteor tahunan.

Namun itu tidak terjadi dengan C/2014 Q2 (Lovejoy). Tapi tetap saja komet lovejoy merupakan 'pertunjukan' yang luarbiasa! Warna hijau komet karena adanya karbon diatomik (C2). Sinar matahari memberi energi pada molekul dan membuatnya bersinar. Sedangkan warna biru di bagian ekor kemungkinan adalah dari emisi karbon monoksida.

Banyak artikel mengatakan warna hijau komet juga berasal dari cyanogen (molekul (CN) 2). Namun ada yang membantah dan mengatakan bahwa Cyanogen bersinar violet, dan tidak memancarkan warna hijau sama sekali.

Karena mendekati Matahari dan menuju utara di langit, komet Lovejoy semakin terang setiap hari, sehingga lebih mudah dan lebih mudah dilihat oleh pengamat Bumi bagian utara selama Januari 2015. Menurut CBS News, Lovejoy akan paling dekat dengan Bumi pada tanggal 7 Januari 2015.

Posisi komet Lovejoy

video


Baca Juga:







Source: Dailymail.co.uk

Popular Posts